Konsep Keluarga dalam al-Qur’an; Pendekatan Linguistik dalam Hukum Perwaqilan Islam

Umar Faruq Thohir

Abstract


Tulisan ini berfujuan untuk menemukan konsepsi keluarga yang diidealkan oleh Islam melalui al Qur'an. Sebagai pedoman bagi agama Islam,al-Qur'an memiliki konsep atau ketentuan tersendiri yang berkaitan dengan keluarga.Kesimpulan yang didapat adalah bahwa al-Qur'an menggunakankata"ql- crhl"unltk menj elaskan keluarga,tidak rn enggunakan.kata “al-usrah”, “al-al”, dan al-dzurriyyah”, Disamping itu, bentuk keluarga dalam perspektif al-Quran terbagi menjadi dua. Pertama, dalam hal fungsi reproduksi, al-Qur’an cenderung pada format keluarga inti ( nuclear family ), di samping karena manusia juga membutuhkan pasangan untuk berbagi yang saling melengkapi dan saling mencintai, di mana hal ini tidak mungkin didapatkan kecuali dalam keluarga inti. Kedua, sebagai fungsi sosial, keluarga di bentuk dengan format keluarga besar ( extended family ). Hal itu terlihat dari konsep perwalian, pemgasuhan anak, dan pembagian warisan yang tidak hanya diperuntukkan bagi anggota keluarga inti, tetapi juga keluarga besar yang secara khusus telah di tetapkan dalam Al-Qur’an. Al-qur’an juga mengkonsepsikan bahwa: (1) Keluarga dapat mententramkan jiwa, (2) Keluarga dapat menghindarkan perbuatan maksiat, (3) keluarga dapat mempermudah dalam pengumpulan harta, (4) pernikahan di lakukan untuk mendapatkan keturunan yang sah. (5) pernikahan merupakan ibadah.

Keywords


The Family Conception, Qur'an, Linguistic Approach, Marriage

Full Text:

PDF

References


Abud, Abdul Ghani,1995, Keluarga Muslim dan Berbagai Masalahnya, Bandung: Penerbit Pustaka.

Ajijola, A.D., 2006,The Concept of Family in Islam, New Delhi: Adam Publishers and Distributors.

Ilyas,Anthon Ilyas & Edward A. Ilyas, 1970, Al-Qamus al-'Ashriy,cet VII, ttp.: al-Mathba'ah al -Ashriyyah.

Amir, Dja'far, 199l, Ilmu Fiqih, Solo: IKAPI.

Anderson, Norman, 1976, Law Reform in the Muslim World, London:The Athlone Press.

Al-Bahi, Muhammad,1977, al-Islam fi Hayah al-Muslim, cet VI, ttp. : Maktabah Wahbah.

Al-Bukhari, Muhammad Ibn Ismail, t.t., Sahih Bukhari, Berikut: Dar al-Fikr.

Al-Faruqi, Isma'il Raji', 1982, Tawhid; Its, Implication for Thought and Life, Kuala Lumpur: The International Institute of Islamic Thought.

Al-Faruqi, Lamya', 1997, 'Ailah; Masa Depan Kaum Wanita Model Masyarakat ldeal Tawaran Islam (Studi Kasus Amerika dan Masyarakat Modern), diterjemahkan oleh: MasyhurAbadi Surabaya: Al-Fikr.

Al-Razi, Muhammad bin Abu Bakar bin 'Abdul Qadir, 1950, Mukhtar ash-Shihhah, Kairo: Mushthafa al-Babi al-Halabi wa Auladuh.

At-Tirmidzi, Abu Isa Muhammad Ibnu Isa, t.t., Sunan At-Tirmidzi,Berikut: Dar al-Fikr.

Az-Zuhaili, Wahbah, 1989, al-Fiqh al-Islami wa adilIatuh, Berikut: Dar al-Fikr, cet. IIl.

Bachofen, J.J., 1861, Das Mutterrecht, Basel:.Benno Schwalbe.

Baiquni, N.A.,el al., 1996, Indeks al-Qur'an; Cara Mencari, Ayat al-Qur'an, Surabaya: Arkola.

Dachlan, NJ. Aisjah,1969, Membina Rumah Tangga Bahagia dan Peranan Agama Dalam Rumah Tangga, Jakarta: Jamunu.

Faidullah, t.t., Fath ar-Rahman li Thalib ayah al-Qur' an, ttp.: CV. DiPonegoro.

Fowler, H.W. & F.G. Fowler, 1957, The Concise Oxford Dictionary of Current English, H.W. Fowler dan F.G. Fowler, cet-IV Oxford: Clarendon Press.

Istiadah,1999, Pembagian Kerja Rumah Tangga dalam Islam, Jakarta: Lembaga Kajian Agama dan Jender, Solidaritas Perempuan, dan The Asia Foundation.

¬¬_¬¬¬______________,1999, Pembagian Kerja Rumah Tangga dalam Islam, Jakarta: Lembaga Kajian Agama dan Jender, Solidaritas Perempuan, dan The Asia Foundation.

Iskandar, Saisse Louis et Chata, Vocabulaire Francais-Arabe, London: Longman, Green and Co.Ltd.

Koentjaraningra,. 1987, Sejarah Teori AntropoIogi, Jakarta: UI Pre ss.

Kemenag, 1999, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Semarang: CV.Asy-Syifa'.

Lapidrus, Ira M.,1999, Sejarah Sosial Ummat Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mahfudh, Sahal, 2004, Nuansa Fiqh Sosial, Cet.IV,Yogyakarta: LkiS.

Minuchin, Salvador & H. Charles Fishman, l981, Family Therapy Techniques, Cambridge: Harvard University Press.

Muchtaq, Kamal,1997, Asas-Asas Hukum Islam Tentang Perkawinan, Jakarta: Bulan Bintang.

Muhammad, Husein, 2002, Fiqh Perempuan: Refleksi Kiai atas Wacana Agama dan Gender, Yogyakarta: LkiS.

Mushthafa, Ibrahim, et al., 1960, al-Mu'jam al-Washith,ttp.: Abdus Salam Harun.

Mazhir, Ismail, t.t, Qamus an-Nahdhah, fi al-Lughatain al-Injiliziyyah wa al-‘Arabiyyah, Ismail Mazhhir, Mesir. Maktabah an-Nahdhah al-Mishriyyah, cet.I.

Nasution, Khoiruddin, 2005, Hukum P erkawinan I: Dilengkapi Perbandingan UU Negara Muslim Kontemporer, Yogyakarta: AcademiaTazzafa.

Nye, F. Ivan, 1976, RoIe Constucts: Meaurement, dalam F. Ivan Nye et al., Role Stucture and Analysis of The Family,Cet.III, USA:Sage Publications.

Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana PTAI/IAIN di Jakarta, 1985, Ilmu Fiqh, Jakarta: DEPAG, cet II.

Rakhmat, Jalaluddin dan Muhtar Gandaatmaja (ed.), 1993, Keluarga Muslim dalam Masyarakat Modern, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sabiq, Sayid, 1994, Fiqh as-Sunnah, diterjemahkan oleh: Moh. Thalib, cet.IV, Bandung:

al-Ma'arif.

_______________, 1983, Fiqh as-Sunnah, Berikut: Dar al-Fikr

Shihab, Quraish, 1996, Wawasan al-Qur’an: Tasfir Maudhu’i atas berbagai persoalan Umma, Bandung: Mizan.

Syah, Ismail Muhammad,1992, Filsafat Hukum Islam,, cet. Il, Iakarta: BumiAksara.

Yunus, Mahmud,1989, Kamus Yunus, Jakarta: Hidakarya Agung.

West, Michael Philip, 1947, The New Method English Dictionary, London: Green and Co.

Wahyudi, Yudian, 2007, Maqashid Syar i'ah dalam Pergumulan Politik; Bersifat Hukum Islam dari Harvard ke Sunan Kalijaga,Yogyakarta: Nawesea Press.




DOI: https://doi.org/10.34001/istidal.v2i1.675

Article Metrics

Abstract view : 2766 times
PDF - 13927 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License

Isti'dal: Jurnal Studi Hukum Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats