Perlindungan Anak Dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 dalam Perspektif Fikih Hadhanah

Siti Fitrotun

Abstract


Law No. 35 of 2014 has been passed as a government effort to emphasize the protection of Indonesian children from all forms of discrimination and violence. A study of the law needs to be carried out in the context of Islamic jurisprudence, because in the context of Indonesia, where the majority of the population is Muslim, of course, caring for and educating children is influenced by Islamic religious values and norms. This study was conducted using a qualitative approach with a normative juridical method. The results of this study indicate that the law is in accordance with the concepts in fiqh aḍanah, and also that the law has involved all parties to protect children, and Law No. 35 of 2014 has also been detailed in protecting children in the fields of religion, health, education. , social, and even Law Number 35 of 2014 has also regulated the implementation in special fields, which in fiqh aḍanah has not been explained in detail regarding protection in special fields.

UU No 35 Tahun 2014 telah disahkan sebagai upaya pemerintah untuk mempertegas dalam perlindungan terhadap anak-anak Indonesia dari segala bentuk diskriminasi dan kekerasan. Kajian atas UU tersebut perlu dilakukan dalam konteks Fikih Hadhanah, sebab dalam konteks Indonesia dengan mayoritas penduduk adalah beragama Islam tentunya dalam memelihara dan mendidik anak dipengaruhi oleh nilai dan norma agama Islam. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yuridis normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UU tersebut sudah sesuai dengan konsep dalam Fikih Hadhanah, dan juga bahwa UU tersebut sudah melibatkan semua pihak untuk melindungi  anak,  dan  Undang-Undang  Nomor  35 Tahun 2014 juga sudah terperinci dalam melindungi anak baik di bidang agama, kesehatan, pendidikan, sosial, bahkan undang-undang Nomor 35 tahun 2014 juga telah mengatur penyelenggaraan di bidang khusus, yang pada fiqh Hadhanah  belum dijelaskan secara terperinci mengenai perlindungan di bidang khusus.


Keywords


Child Protection, Hadanah Jurisprudence

Full Text:

PDF

References


Abdussalam, R. & Adri Desasfuryanto (2016) Hukum Perlindungan Anak. Jakarta: PTIK.

Ali, Mohammad Daud (2004) Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Al-Asqalani, Al-Hafizh Ahmad bin Ali bin Hajar (2015) Bulughul Maram: Himpunan Hadits-hadits Hukum dalam Fikih Islam, diterjemahkan oleh Izzudin Karimi, dari Bulugh al-Maram Min Adillah al-Ahkam. Jakarta: Darul Haq.

Al-Fauzan, Saleh (2005) Fiqih Sehari-hari. diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al- Kattani,dkk.. dari Al-Mulakhkhasul Fiqhi. Jakarta: Gema Insani.Dahlan, Abdul Azis (1996) Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Al-Husaini, Al-Imam Taqiyuddin Abu Bakar. t.th. Terjemaham Kifayatul Akhyar Jilid 2, diterjemahkan oleh Achmad Zaidun dan A. Ma’ruf Asrori, dari Kifaayatul Akhyaar fii Alli Ghaayatil Ikhtishaar. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Al-‘Ik, Khalid bin Abdurrahman. 2012. Kitab Fiqh Mendidik Anak, diterjemahkan oleh Dwi dan Aguk, dari Tarbiyah al-Abna’ wa al-Banat fi Dhau’ al- Qur’an wa as-sunnah. Yogyakarta: Diva Press.

Al-Jarjawi, Ali Ahmad (2006) Indahnya Syari’at Islam, diterjemahkan oleh Faisal Saleh, dkk., dari Hikmah at-Tasyri’ wa falsafatuhu. Jakarta: Insani Press.

Al-Jaza’iri, Abu bakar Jabir (2016) Minhajul Muslim: Konsep Hidup Ideal dalam Islam, diterjemahkan oleh Musthofa ‘Aini, dkk, dari Minhajul Muslim. Jakarta: Darul Haq.Dahlan, Zaini, dkk. (1999) Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Az-Zuhaili, Wahbah (2011) Fiqih Islam Wa adillatuhu 10, diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani.

Djamil, M. Nasir (2013) Anak Bukan Untuk Dihukum. Jakarta: Sinar Grafika.

Ghozali, Abdul Rahman (2010) Fiqh Munakahat. Jakarta: Kencana.

Hadi, Sutrisno (2015) Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafsah (2016) Kajian Perlindungan Hak Pendidikan Dan Agama Anak Dalam Keluarga Muslim Di Kota Medan. Jurnal Ahkam, 16 (2).

IAIN Syarif Hidayatullah (2002) Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Kalim, M. Syaiful (2014) Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan Dan Anak (Studi Analisis Regulasi, Pemahaman Dan Implementasi Di Kabupaten Jepara). Skripsi. Jepara: UNISNU

Muhammad, Abdulkadir (2004) Hukum dan Penelitian Hukum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Maryandani, Ayu Nadia (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Penelantaran Oleh Orang Tua Berdasarkan Hukum Pidana Indonesia. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung Bandar Lampung.

Nashriana (2012) Perlindungan Hukum Pidana Bagi Anak di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nuruddin, Amiur & Azhari Akmal Tarigan (2004) Hukum Perdata Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.

Prakoso, Abintoro (2016) Hukum Perlindungan Anak. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Rini, Endang Setya (2006) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Keluarga Poligami Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Di Kabupaten Wonosobo. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sabiq, Sayyid (1980) Fikih Sunnah 8, diterjemahkan oleh Mohammad Thalib, dari Fiqhussunnah. Bandung: PT Al Ma’arif.

Saraswati, Rika (2015) Hukum Perlindungan Anak di Indonesia. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Satori, Djam’an & Aan Komariah (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Shihab, M. Quraish (2002) Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish (2012) Al-Lubab: Makna, Tujuan, Dan Pelajaran Dari Surah- Surah Al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati.

Shofiani, Itsni (2014) Studi Analisis Tentang Memperkerjakan Anak Dibawah Umur Menurut Hukum Islam. Skripsi. Jepara: UNISNU.

Soekanto, Soerjono (1986) Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI-Press.

Soekanto, Soerjono (1990) Ringkasan Metodologi Penelitian Hukum Empiris, Jakarta: Ind-Hill Co.

Soemitro, Ronny Hanitijo (1988) Metodologi penelitian Hukum dan Jurimetri. Semarang: Ghalia Indonesia.

Syarifuddin, Amir (2011) Hukum Perkawinan Islam di Indonesia: Antara Fiqh Munakahat dan Undang-Undang Perkawinan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.34001/ijshi.v9i1.3258

Article Metrics

Abstract view : 1058 times
PDF - 854 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Isti`dal : Jurnal Studi Hukum Islam



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License

Isti'dal: Jurnal Studi Hukum Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats