ANALISIS YURIDIS NORMATIF ASAS LEGALITAS RUU-HUKUM PIDANA DAN ASAS LEGALITAS HUKUM PIDANA ISLAM

Mohamad - Khasan

Abstract


KUHP tengah mengalami proses revisi yang sangat penting. Salah satu isu pentingnya adalah formulasi asas legalitas hukum pidana. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan secara yuridis-normatif formulasi asas legalitas dalam Rancangan Undang-Undang Hukum Pidana (RUU-HP). Sebagai pembanding, juga dideskripsikan asas legalitas hukum pidana Islam. Temuan penelitian ini adalah: Pertama, Asas legalitas dalam RUU-HP merupakan hasil rekonstruksi terhadap asas legalitas yang ada dalam KUHP. Konstruksi baru asas legalitas didasarkan pada beberapa nilai dan prinsip filosofis, yaitu dekolonialisasi KUHP sesuai dengan budaya dan falsafah hidup bangsa Indonesia, harmonisasi, modernisasi, dan demokratisasi hukum. Kedua, Hukum pidana Islam bersumber dari nas-nas keagamaan, oleh karenanya nilai-nilai dan norma-norma agama mendominasi formulasi asas legalitasnya. Namun demikian pengaruh norma agama tidak selalu berimplikasi negatif terhadap asas legalitas, bahkan sebaliknya, menunjukkan formulasi asas legalitas yang lebih dinamis, fleksibel, dan progresif

Keywords


Principle of Legality, KUHP, RUU-HP, Islamic Criminal Law,

Full Text:

Pdf

References


Arief, Barda Nawawi. Beberapa Aspek penegakan dan Pengembangan Hukum Pidana. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2011.

Arief, Barda Nawawi. Kebijakan Hukum Pidana; Perkembangan Penyusunan Konsep KUHP Baru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Audah, Abdul Qadir. al-Tasyrī’ al-Jinā’ī al-Islāmī. Beirut: Muassasah al-Risālah, 1994.

Djazuli, A. “Beberapa Aspek Pengembangan Hukum Islam di Indonesia” dalam Tjun Surjaman (Ed.), Hukum Islam di Indonesia: Pemikiran dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.

Gofar, Fajrimei. “Asas Legalitas dalam Rancangan RUU-KUHP, Position Paper Advokasi RUU-KUHP Seri 1”. dalam http://reformasikuhp.org/asas-legalitas-dalam-rancangan-ruu-kuhp/

Gunarto, Marcus Priyo. “Asas Keseimbangan dalam Konsep Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana”. dalam Mimbar Hukum, Vol. 24 nomor 1 Februari 2012.

Hanafi, Ahmad D. Asas-Asas Hukum Pidana Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Haveman, Roelof H. The Legality of Adat Criminal Law in Modern Indonesia. Jakarta: Tata Nusa, 2002.

Kamali, Mohammad Hashim. Membumikan Syariah; Pergulatan Mengaktualkan Islam. Bandung: Mizan, 2013.

Khasan, Moh. “Prinsip-Prinsip Keadilan Hukum dalam Asas Legalitas Hukum Pidana Islam” dalam Jurnal RechtsVinding. Vol. 6 No. 1. April 2017.

Marzuki, Peter Mahmud. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2008.

Moeljatno. Asas-Asas Hukum Pidana. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Mudzakkir. “Pengaturan Asas Legalitas dalam RUU KUH”. Makalah dalam Focus Group Discussion Mengenai Pengaturan Asas Legalitas dalam RKUHP yang diadakan ELSAM, Hotel Ibis Tamarin, Jakarta, 22 Agustus 2005.

Muladi. “Beberapa Catatan tentang Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana”. Makalah. Sosialisasi RUU KUHP yang diselenggarakan oleh Departemen Hukum dan HAM, Jakarta, 21 Juli 2004.

Peters, Rudolph. Crime and Punishment in Islamic Law. Cambridge: Cambridge University Press, 2005.

Prodjodikoro, Wirjono. Asas-asas Hukum Pidana di Indonesia. Bandung: Refika Aditama, 2003.

Rancangan Undang-Undang Hukum Pidana (RUU-HP) Hasil Pembahasan Per-28 Juni 2018, dalam http://reformasikuhp.org/r-kuhp/

Remmelink, Jan. Hukum Pidana: Komentar Atas Pasal-pasal Terpenting dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Belanda dan Padanannya dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana Indonesia, Penerbit PT Gramedia Jakarta, 2003.

Sakho, Muhammad Ahsin, et.als, (eds). Ensiklopedi Hukum Pidana Islam. Bogor: PT. Kharisma Ilmu, 2007.

Subekti dan Tjitrosudibyo. Kamus Hukum. Jakarta: Pradnya Paramita, 1969.

Summa, Muhammad Amin. “RUU-KUHP Selaras dengan Hukum Pidana Islam” dalam https://www.uinjkt.ac.id/id/prof-dr-m-amin-suma-sh-ma-mm-ruu-kuhp-selaras-dengan-hukum-pidana-islam/, 2013.

Yasin, Muhammad. “Islamisasi RUU-KUHP Bukan Mau Menerapkan Hukum Islam” dalam https://www.hukumonline.com/berita/baca/hol9233/ islamisasi-ruu-kuhp-bukan-mau-menerapkan-hukum-islam, 2003.

Yuherawan, Deni Setyo Bagus. Dekonstruksi Asas Legalitas Hukum Pidana; Sejarah Asas Legalitas dan gagasan Pembaharuan Filosofis Hukum Pidana. Malang: Setara Press, 2014




DOI: https://doi.org/10.34001/istidal.v5i2.1315

Article Metrics

Abstract view : 603 times
Pdf - 688 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Isti`dal : Jurnal Studi Hukum Islam



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License

Isti'dal: Jurnal Studi Hukum Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats