ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASING DECISION KONSUMEN KFC JEPARA

Dwi Ratih Purnamasari, Ali Ali, Moch Aminnudin

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dampak dari ekuitas merek, kualitas produk dan atmosfir DI toko restoran kentucky fried chicken (KFC) di Jepara menjadi objek penelitian untuk menganalisis bagaimana faktor-faktor seperti citra merek, kualitas produk, dan faktor lainnya berkontribusi terhadap proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan penerapan rumus Roa (Return on Assets) yang telah diubah ulang sesuai konteks penelitian. lama yang diperoleh dari Sebanyak 96 individu menjadi responden dalam penelitian ini. Sampel tersebut dipilih dari pelanggan KFC yang menjadi fokus penelitian ini. tinggal di kota Jepara dan melakukan transaksi pembelian secara langsung. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa secara kolektif maupun secara parsial, nilai merek, mutu produk, dan suasana toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen di KFC Jepara. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel non-probabilitas dengan menggunakan purposeful sampling dan pelaksanaan survei menggunakan kuesioner. Selanjutnya hasil survei diolah dan dianalisis dengan Melalui analisis regresi linier berganda, temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat hubungan positif pada variabel brand value. sebesar 0,018, kualitas produk berpengaruh positif sebesar 0,042 dan store atmosphere berpengaruh positif sebesar 0,021. Sedangkan secara bersamaan variabel Brand Value, kualitas produk, store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan statistik uji-F dengan Fhitung lebih besar dari Ftabel memberikan hasil 45,892 > 2,70. Dan dengan nilai signifikan 0,000. Koefisien keputusan dalam penelitian ini sebesar 59,9% sedangkan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh faktor selain penelitian ini.

Keywords


Brand Equity, Product Quality, Store Atmosphere, dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Dalam Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. jakarta : Mitra Utama.

Aaker, D. A. (2018). Alih Bahasa Aris Ananda. Dalam Manajemen Ekuitas Merek.Cetakan pertama Jakarta: Mitra Utama.

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen(15(1), 95-107.

Adonis, M. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. URNAL CAPITAL: Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi,118-138.

Alinegoro, I. H. (2014). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (X) SML di Surabaya.

Ansori, P. B. (2017). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Metro Abadi Sempurna Semesta Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 85-96.

Azzahra, J. K. (2020). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada McDonald’s Medan Tasbih. Universitas Sumatera Utara.

Badarudin, N. T. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Paragon Mart Kabupaten Kepulauan Sangihe.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3).

Berman, B. (2012). Retail Manangement, a Strategic Approach. New Jersey: Pearson .

Dessyana, C. (2013). Store atmosphere pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Fadli, I. (2008). Jurnal Manajemen Bisnis.Analisis Pengaruh Faktor-Faktor EKuitas Merek Sepeda Motor Merek Honda, Vol. 1, No. 2.

Freddy, R.(2018). The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Pengembangan Merek+Analisis Kasus Dengan SPSS. Dalam cetakan keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, V. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemeritah. Jakarta: Gramedia.

Gerung, J. S . (2017). Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil Nissan X - Trail pada Pt. Wahana wirawan manado. jurnal EMBA , 5(2), 2221-2229.

Ghozalli, I. (2018). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Dalam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Semarang : Edisi 9.

Handoko, S. D. (2008). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen . Dalam edisi pertama, cetakan ke empat . Yogyakarta : PBFE.

Hanif, R. A. (2021). The Influence Of Trust, Brand Equity And Service Quality On Purchasing Decisions Of Sharia Insurance Services At Pt. Bri Life Insurance Malang. E-Proceeding Stie Mandala,25-29.

Hidayat, H. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(1), 89-95.

Humdiana. (2005). Jurnal of Marketing Manajemen.Analisis Elemen-elemen Merek Produk Nokia, Vol. 12, No. 1.

Juli, P. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angelo Store Ubud Bali. 373-385.

Kotler Philip, D. A. (2006). Edisi 9 . Dalam Priciples Of Marketing. Prentive Hall Inc. New Jersey.

Kotler, P. (2010). Principles Of Marketing . Dalam 13th Edition . Jakarta : Prenice Hall.

Kotler, P. D. (2008). Dalam Prinsip-prinsip Manajemen.alih Bahasa Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran . Dalam Edisi ke-12 Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Dalam Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Ningsih, M. F. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Probiotik Yakult Di Kalangan Mahasiswa Stie Muhammadiyah Bandung.Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 86-97.

Nofiawaty, B. Y. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya , 12(1).

Raharjani, J. (2005). Analisis Fkator-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja Di Kawasan Simpang Lima Semarang . Jurnal Studi Manajemen , 5.

Randang, W. (2013). Kualitas Produk, Atribut Produk Dan Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 701–709.

Rangkuti, F. (2002). The Power of Brand. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama .

sangaji, D. S. (2013). perilaku konsumen . Yogyakarta : penerbit andi.

Schiffman, L. G. (2008). Perilaku Konsumen. Dalam edisi ketujuh. Jakarta: PT.Indeks.

Sopiah, S. D. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Sugiyono, (2016). Cetakan ke-23. Dalam Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tresna, P. W. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Shopee). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(1), 1-11.

Umar, H. D. (2016). Studi Kelayakan Bisnis . Dalam Edisi Ketiga. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama .

Utami, C. W. (2006). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Modern. Dalam Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Wahyuningtias, K. (2013). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Produk Rusak Pada Cv. Ake Abadi . Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 321–330.

Wulandari, R. D. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 11-18.

Yunita, N. (2021). Analisis Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hoka-Hoka Bento Medan. JUMANT, 13 (1), 52-58.


Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats