PENGARUH DESAIN KEMASAN, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Le Minerale di Kota Semarang)

Joko Riyanto, Muchayatin Muchayatin, Septian Dwi Cahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Desain kemasan, Citra merek dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen, terkhusus untuk konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Le Minerale di Kota Semarang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 96 responden dengan mnggunakan metode sampel non-probability sampling khususnya purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen AMDK di kota semarang dengan menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan mnggunakan SPSS. Teknik analisis pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel desain kemasan, Citra merek dan Persepsi harga terhadap minat beli konsumen.Hasil ini memberikan dasar acuan bagi Le Minerale untuk meningkatkan minat beli komsumen dengan merancang desain kemasan yang mampu memberikan citra produk serta kebebasan konsumen dalam membandingkan harga.


Keywords


Citra Merek, Desain Kemasan, Minat Beli dan Persepsi Harga

Full Text:

PDF

References


Bilgin, Y. (.-1. (2018). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Media Sosial Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Loyalitas Merek. . Studi Bisnis & Manajemen: Jurnal Internasional , 128-148.

Bramastha, F. (2020). Pengaruh Kemasan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Kopi Kepahiang Di Kabupaten Kepahiang Bengkulu). Bramastha, Farrel. 2020. Pengaruh Kemasan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pauniversitas Muhammadiyah Bengkulu., 1-17.

Darmansah, A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuutusan Pembelian Online Pada Aplikas Shopu Du Wilyah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 15-30.

Kalangi, J. A., Tumbel, T. M., & Ahmad, M. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado Maimun . Jurnal Administrasi Bisnis, 25-31.

Kanuk, S. D. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: Pt. Indeks .

Kotler, P. D. (2016). Prinsi-Prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P.D. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Pertama). Yogyakarta: Andi

Kotler, P. D. (2011). Marketing An Introduction. Indonesia: 10th Edition : Perason.

Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). 25-32.

Lee, S., Illia, A., & Lawson-Body. (2011). Perceived Price Of Dynamic Pricing. Journal Of Industrial Management + Data System.

Mahiri, E. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mart Banjaran. Koopetisi. Mahiri, Ea (2020). Pengaruh Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembejurnal Ilmiah Manajemen , 11 (3), 227-238.

Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadajurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48-54.

Mufreni, A. N. ( 2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2,2, 48-54.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Ninat Beli. Jurnal Ekonomi Manajemen, , 2(2), 48-54.

Nasiatiul Firdaus. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Harga, Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Minuman Bersoda Fanta (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik) (Doctoral Dissertation, . Upn" Veteran" Jatim).

Nugrahini, V. S. (2019). Analisis Pengaruh Desain Kemasan, Citra Merek, Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Produk Susu Bubuk Chil-Kid Perusahaan Kalbe Nutritionals. Nugrahini, V. S. (2019). Analisis Pengaruh Desain Kemasan, Citra Merek, Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Konsumendoctoral Dissertation, Universitas Bakrie).

Nugrahini, V. S. (2019). Pengaruh Desain Kemasan, Citra Merek, Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Produk Susu Chil-Kid Perusahaan Kable Nutritionals). Universitas Bakrie Jakarta.

Prakarsa, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Optic Sun’s. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 1-4.

Putra, V. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Desain, Dan Kemasan Terhadap Minat Beli Calon Konsumen Remile. Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(4), 350-359.

Ramadhina, A. &. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1).

Ramadhina, A. &. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. . Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 59-67.

Rangkut, F. (2019). Strategi Promosi Yang Kreatif. Edisi Pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Shimp:, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. 2. ( 2010). Strategi Pemasaran: Kualitas Pelayanan. Edisi III . Yogyakarta: Andi.

Toncar, M. F. (2010). The Importance Of Meeting Price Expectations: Linking Price To Service Quality. Journal Of Product & Brand Management, 295–305.

Wahyono, S. Z. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Private Label Pada Super Indo Supermarket Cabang Kelapa Dua. Jurnal Manajemen Usni, 9-20.

Zhang, Y. (2015). The Impact Of Brand Image On Consumer. Open Journal Of Business And Management, 58-62.


Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats