Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Preferensi Merek, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kota Jepara

Riana Yulistia, Nurul Komaryatin, Nurul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, preferensi merek, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario di Kota Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli atau memiliki sepeda motor Honda Vario di Kota Jepara. Sampel yang digunakan yaitu 98 responden, dan teknik sampling yang digunakan nonprobability sampling khususnya dengan cara accidental sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari persamaan regresi linier tersebut dapat dilihat bahwa variabel kualitas produk, preferensi merek, dan sikap konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi 0,725, hal ini berarti 72,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, preferensi merek, dan sikap konsumen, sedangkan sisanya yaitu 27,5% keputusan pembelian. Hasil uji F menyatakan bahwa kualitas produk, preferensi merek, dan sikap konsumen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji parsial menyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, preferensi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


kualitas produk; preferensi merek; sikap konsumen; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats