Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Kota Jepara

Ma’ruf Nafaqul, Much Imron, A. Khoirul Anam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone di kota Jepara. Penurunan penjualan Samsung dan Apple yang merupakan pemimpin pasar smartphone selama beberapa tahun terakhir, dan bermunculannya merek-merek baru terutama dari China yang merebut pangsa pasar mereka, menimbulkan pertanyaan apakah kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian smartphone di kota Jepara. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari koesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampel dengan cara purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dengan menggunakan uji F, uji t dan uji determinasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan pengujian serempak / simultan (Uji F) menunjukkan bahwa semua variabel kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji t kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengarug positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,515 hal tersebut berarti bahwa 51,5% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen, yaitu kualitas produk persepsi harga, dan citra merek, sedangkan sisanya 48,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


kualitas produk; persepsi harga; citra merek; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats