Peranan Bauran Pemasaran terhadap Perilaku Komsumen dalam Penjualan Kaligrafi (Studi Pada Afandi Galery Jepara)

Muhammad Ulin Nuha, Anna Widiastuti, Hadi Ismanto

Abstract


Penelitian ini mengangkat tentang bauran pemasaran terhadap penjulan kaligragi di Afandi Galery Jepara, yang beralamat di Desa Kawak Pakis Aji Jepara. Konsep Marketing Mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, place, promotion, and price sebagai alat-alat pemasarannya. Perhatian produsen dalam menggunakan strategi yang tepat akan membawa pengaruh terhadap penjualan yang dimiliki oleh perusahaan ini. Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah, peranan bauran pemasaran pada usaha kaligrafi Afandi Galery dalam penjualan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. penelitian ini dilakukan secara bertahap dengan menggunakan langkah-langkah editing, classifying, dan verifying. Berdasarkah hasil penelitian yang sudah dilakukan, bahwa dalam penjualan, usaha Afandi Galery di Desa Kawak Pakis Aji Jepara telah menerapkan strategi bauran pemasaran. Yang sesuiai dengan unsur-unsur 4P dalam bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi yang telah berperan pada Afandi Galery di desa Kawak Pakis Aji Jepara. Unsur-unsur dalam 4P yang sudah diterapkan adalah: Produk (kualitas produk, desain, nama merek, kemasan, ukuran, garansi, Pelayanan pendukung produk), Harga (penetapan harga dan diskon), Promosi (menggunakan cara pemasaran langsung kepada pelanggan periklanan, pameran, dan sales marketing), Distribusi (distribusi satu perantara). Maksudnya adalah produsen hanya menjadi penyedia barang produksi bagi agen dan otlet penjual handicraft.


Keywords


produk; harga; promosi; tempat

Article Metrics

Abstract view : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats