Pengaruh Merk, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Aguaria (Studi pada Masyarakat Kecamatan Tahunan Jepara)

Sally Sansivera, Much Imron, Hadi Ismanto

Abstract


Aguaria sebagai perusahaan air minum yang telah lama walau tidak sebesar Aqua, tapi terus berusaha meraih pasar sebaik mungkin. Untuk mendekatkan diri dengan konsumen, Aguaria mendirikan distributor yang dekat dengan kecamatan Tahunan. Untuk produk Aguaria Galon pada bulan penghujan biasanya penjualannya malah stabil, hal ini karena kualitas produk Aguaria sangat bagus dan air isi ulang dirasa kurang bagus karena dari sumber air pegunungan yang tercampur air hujan. Sementara pada musim kemarau dimana diharapkan ada peningkatan penjualan ternyata cenderung stabil bahkan sedikit menurun, karena air isi ulang dirasa bagus kualitasnya dan harganya relatif lebih murah, sementara kebutuhan air minum dimusim kemarau sangat banyak. Untuk menganalisis pengaruh merk, promosi dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian air minum Aguaria di Kecamatan Tahunan Jepara. Maka obyek penelitian adalah p masyarakat di Kecamatan Tahunan Jepara sebagai sample/ responden dengan cara aksidental sampling, artinya penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen Aguaria di Kecamatan Tahunan Jepara pada saat periode penelitian ini sedang dilaksanakan dan bersedia menjadi responden. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Multikolonieritas dapat dilihat dari nilai tolerance dan variance inflation factor (VIF). Suatu model regresi bebas dari problem ini apabila memiliki nilai tolerance lebih dari 0,10 atau sama dengan VIF kurang dari 10. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Secara bersama-sama variabel merk, promosi dan kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap permintaan air minum konsumen, hal ini didasarkan dengan nilai Fhitung = 124,712 > Ftabel = 2,68.


Keywords


merk; promosi; kualitas produk; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats