Pengaruh Brand Experience, Brand Satisfaction dan Brand Image terhadap Brand Loyalty di Hotel Palm Beach

Reni Setiyani, Nurul Komaryatin

Abstract


Pariwisata merupakan industri yang sangat berkembang pesat saat ini ditandai dengan tingginya tingkat kunjungan wisatawan. Hal tersebut ternyata berpengaruh pada bisnis penginapan yang terus berkembang secara signifkan sebab penginapan sangat dibutuhkan oleh para wisatawan dari luar kota yang sedang berkunjung ke tempat wisata. Perkembangan berbagai macam penginapan menjadikan adanya persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis penginapan, ini berarti para pelaku bisnis penginapan harus sadar akan pentingnya sebuah merek/brand karena merk sendiri menjadi sebuah dasar untuk keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama brand experience, brand satisfaction, dan brand image terhadap brand loyalty di  Hotel Palm Beach Bandengan Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang menginap di Hotel Palm Beach Bandengan Jepara karena jumlah populasi tidak bisa di ketahui secara pasti maka digunakanlah rumus Rao Purba dan teknik accidental sampling untuk pengambilan sampelnya. Sampel berjumlah 100 responden dari pengunjung yang menginap di Hotel Palm Beach Resort Bandengan Jepara. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variabel independen penelitian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada Hotel Palm Beach Bandengan Jepara. Hasil pengujian merekomendasikan kepada para pelaku bisnis penginapan untuk memperhatikan brand loyalty karena hal ini berkaitan dengan komitmen pengunjung untuk menginap kembali yang akhirnya berdampak pada profitabilitas bagi penginapan tersebut. Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam lagi tentang brand experience, brand satisfaction dan brand image agar faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi brand loyalty lebih terperinci dan lebih baik lagi.

Keywords


brand experience; brand satisfaction; brand image; brand loyalty

Article Metrics

Abstract view : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats