Analisis Perubahan Harga Saham (Return) Sebelum dan Sesudah Ex-Dividend Date Saat Pengumuman Dividen pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI

Listia Khoirul Ummah, Murharsito Murharsito

Abstract


Kemajuan dalam perekonomian suatu negara salah satunya bisa direfleksikan dengan aktivitas pasar modal yang telah berada di negara tersebut. Pengumuman pembagian dividen kepada para investor merupakan sinyal yang baik dari pihak manajemen untuk prospek di masa yang akan datang, Pembagian dividen kepada pemegang saham dapat menyebabkan posisi kas dari suatu perusahaan berkurang, karena seluruh pemegang saham biasaya mendapatkan hak yang sama. Maka  penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan return yang ditimbulkan oleh pengumuman dividen naik sebelum dan sesudah ex-dividend date serta dividen turun sebelum dan sesudah ex-dividend date. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan property real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode tahun 2014-2018 sebanyak 49 perusahaan. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan hanya 13 perusahaan saja. Metode analisis datanya dengan statistik deskriptif dan uji beda One Sample T-Test, Paired Sample T-Test menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) windows release 20.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara umum selama periode penelitian perdagangan saham yakni 5 hari sebelum dan sesudah ex dividend date pada kelompok dividen naik, investor memberikan reaksi yang bermakna berupa reaksi negatif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan return saham yang signifikan selama periode pengumuman dividen naik. Bagi investor dan calon investor dalam melakukan investasi di pasar modal sebaiknya selalu memperhatikan dan memanfaatkan pengumuman dividen dalam membeli serta menjual saham agar terhindar dari kerugian.

Keywords


pengumuman dividen; return saham; ex dividend date

Article Metrics

Abstract view : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats