Membangun Kinerja Pemasaran dengan Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan di Desa Bugo

Aan Zatriyatna, Samsul Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh orientasi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran di sentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini sentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara yang berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling menggunakan rumus perhitungan slovin. Dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial orientasi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaransentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Sedangkan secara simultan disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel dependen kinerja pemasaran.

Keywords


orientasi pasar; orientasi pembelajaran; orientasi dan kinerja pemasaran

Article Metrics

Abstract view : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats