Promosi, Lokasi, Budaya, Sosial, dan Pribadi terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk di Toko Ritel Modern Sumber Barokah

Mohammad Yazid Romli, Samsul Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia (seperti supermarket, minimarket, hypermart serta toko-toko ritel modern lainnya) yang mengalami peningkatan persaingan dan ekspansi sejak tahun 2013 hingga saat ini. Berdasarkan kenyataan sebagai seorang peneliti tertarik untuk meneliti masalah promosi, lokasi, budaya, sosial dan pribadi konsumen yang mampu menjadikan keputusan pembelian konsumen terhadap toko ritel modern Sumber Barokah, Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, lokasi, budaya, sosial dan pribadi konsumen terhadap keputusan pembelian pada toko ritel modern Sumber Barokah, Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada konsumen atau pengunjung toko ritel modern Sumber Barokah, Jepara dengan jumlah sampel sebanyak 96 untuk para responden, teknik yang digunakan yaitu metode teknik accidental sampling. Data dianalisis berdasarkan hasil pengujian statistik, yang meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda,  uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian hipotesis adalah bahwa promosi, lokasi, budaya, sosial dan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


promosi; lokasi; budaya; sosial; pribadi; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats