Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang ketat antar perusahaan, terutama dalam persaingan strategi pemasaran, maka perusahaan harus melakukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya agar perusahaan dapat bertahan di tengah persaingan strategi pemasaran yang ketat. Berdasarkan kenyataan sebagai seorang peneliti tertarik untuk meneliti masalah tentang kepercayaan, emphaty, dan komunikasi yang mampu menjadikan kepuasaan nasabah terhadap PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan, empathy, dan komunikasi terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada nasabah di PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara dengan jumlah sampel sebanyak 96 untuk para responden, teknik yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode accidential sampling. Data dianalisis berdasarkan hasil pengujian statistik, yang meliputi uji validitas dan reliabilitas dan analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian hipotesis ini adalah bahwa kepercayaan, empathy, dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Keywords
kepercayaan; empathy; komunikasi; kepuasan nasabah
Article Metrics
Abstract view : 128 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen