Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara

Esti Setyaning Satiti, Noor Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang ketat antar perusahaan, terutama dalam persaingan strategi pemasaran,  maka perusahaan harus melakukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya agar perusahaan dapat bertahan di tengah persaingan strategi pemasaran yang ketat. Berdasarkan kenyataan sebagai seorang peneliti tertarik untuk meneliti masalah tentang kepercayaan, emphaty, dan komunikasi yang mampu menjadikan kepuasaan nasabah  terhadap  PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan, empathy, dan komunikasi terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan  membagikan kuesioner kepada nasabah di PT. Bank BRI Unit Kelet Jepara dengan jumlah sampel sebanyak 96 untuk para responden, teknik yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode accidential sampling. Data dianalisis berdasarkan hasil pengujian statistik, yang meliputi uji validitas dan reliabilitas dan analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian hipotesis ini adalah bahwa kepercayaan, empathy, dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Keywords


kepercayaan; empathy; komunikasi; kepuasan nasabah

Article Metrics

Abstract view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats