Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Instagram

Amita Sari Rizqi, Nurul Komaryatin

Abstract


Perkembangan sosial media saat ini semakin praktis dan mudah sehingga memberikan suatu kemudahan serta peluang pasar yang sangat efisien dan efektif, tentunya menguntungkan bagi para pelaku usaha dan juga para konsumen. Sosial media instagram digemari oleh kalangan masyarakat luas sebagai perantara berbelanja melalui media online atau disebut dengan online shop jadi tidak hanya digunakan untuk eksistensi diri saja. Sehingga para pelaku usaha selain memasarkan produknya secara langsung juga memperkenalkan produk-produknya disosial media instagram. Namun pembelian melalui instagram pasti ada pertimbangan-pertimbangan tertentu  seperti kualitas produk itu sendiri, dari segi kepercayaan amanah tidaknya onlineshop. Maka penelitian ini berusaha untuk menganalisis penggaruh kualitas produk, kepercayaan dan viral marketing terhadap keputusan pembelian Tenun Troso Home Industry House Of Hoeda’s Jepara secara online pada instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 94 penggikut atau followers pada instagram produk Tenun Troso Home Industry House Of Hoeda’sJepara yang ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variabel independen penelitian secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian Tenun Troso Home Industry House Of Hoeda’s Jepara secara online pada instagram. Hal tersebut harus disikapi oleh para pelaku bisnis karena berdampak pada reputasi onlineshop tersebut. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan indikator-indikator baru atau faktor lain seperti keamanan, harga dan persepsi yang diduga mempengaruhi keputusan pembelian pada instagram.

Keywords


kualitas produk; kepercayaan; viral marketing; keputusan pembelian secara online

Article Metrics

Abstract view : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats