Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Produk dan Ekuitas Merk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza di Jepara

Muhammad Ilham Akbar, Nurul Komaryatin

Abstract


Fenomena persaingan di dunia otomotif khususnya mobil semakin ketat sehingga banyak perusahaan otomotif yang menawarkan berbagai jenis merek mobil yang dijual oleh perusahaan pesaing. Maka strategi pemasaran dalam hal ini sangat penting pada persoalan apakah perusahaan mampu mengubah dan meyakinkan persepsi konsumen bahwa produk tersebut memiliki citra yang baik sehingga dapat terjadi keputusan pembelian. Terdapat tiga faktor penting ada tidaknya suatu keputusan pembelian yaitu nilai pelanggan, kualitas produk dan ekuitas merk. Untuk itu penelitian ini berusaha menganalisis pengaruh nilai pelanggan, kualitas produk dan ekuitas merk terhadap keputusan pembelian mobil avanza di Jepara. Populasi penelitian adalah seluruh penduduk Jepara yang merupakan pelanggan mobil toyota avanza di Jepara. Dimana sampel yang diambil sebanyak 100 sampel, ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai pelanggan, kualitas produk dan ekuitas merk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil avanza di Jepara. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa semakin baik nilai pelanggan, kualitas produk dan ekuitas merek maka akan semakin baik pula keputusan pembelian mobil toyota avanza di Jepara dan berlaku sebaliknya, ini dapat berdampak pada eksistensi suatu perusahaan sehingga perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan prioritas pelanggan pada pembelian suatu mobil, yaitu dengan cara lebih intens lagi dalam memberikan informasi tentang mobil toyota avansa misalnya melalui iklan-iklan atau selebaran-selebaran, sehingga keputusan pembelian mobil oleh pelanggan bisa jatuh pada mobil toyota avanza.

Keywords


nilai pelanggan; kualitas produk; ekuitas merek; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats