Pengaruh Kelas Sosial, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Rumah di Perumahaan Aswaja Regency

Laila Aisyah, Samsul Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya bisnis property yang sekarang sudah mulai berkembang di Kota Jepara yang mana seorang pebisnis property harus tahu bagaimana nanti  bisnisnya tersebut berkembang dan  diminati oleh pembeli dengan memperhatikan beberapa aspek seperti kelas sosial, harga, lokasi dan bagaimana promosi yang dilakukan oleh pengelola bisnis property. Dengan ini peneliti melakuakan analisis untuk mengetahui pengaruh kelas sosial, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah di perumahan aswaja regency. Penelitian dilakukan pada konsumen yang sudah membeli rumah di perumahan aswaja regency dan yang akan membeli rumah di perumahan aswaja regency dengan jumlah informan 96 orang dengan teknik pengambilan sampel purposuive sampling. Data diperoleh dari wawancara dan penyebaran kuesioner kepada para informan serta melakuan observasi disekitar perumahan aswaja regency. Data dianalisis menggunakan pegujiann statistik meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan  pengujian hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa pembeli melakukan keputusan pembelian rumah di perumahan aswaja regency karena lokasi yang strategis dan karena adanya promosi yang di terima oleh calon pembeli. Variabel harga dan kelas sosial tidak berpengaruh ketika calon pembeli ingin membeli rumah di perumahan aswaja regency. Penelitian ini merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah variasi atau model lain mengenai keputusan pembelian.

Keywords


bisnis property; promosi; kelas sosial; harga; lokasi

Article Metrics

Abstract view : 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats