Model Pelayanan Dan Citra Usaha terhadap Loyalitas Anggota Koperasi

Muhammad Afiq Aqna, Samsul Arifin

Abstract


Abstrak

Loyalitas Pelanggan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perusahaan. Loyalitas anggota/nasabah menjadi salah satu faktor terpenting dalam persaingan antar lembaga keuangan saat ini. Oleh karena itu, lembaga keuangan berloma-lomba untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik. Dengan pelayanan yang baik juga lembaga keuangan akan mendapatkan citra yang baik di masyarakat sehingga loyalitas anggota/nasabah dapat tercipta. Penelitian ini mencoba menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan dan citra usaha terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT BUS cabang Welahan. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 94 anggota KSPPS BMT BUS cabang Welahan. Sampel tersebut ditentukan berdasarkan rumus slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasilnya menunjukkan dimana pelayanan dan citra usaha secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT BUS cabang Welahan, ini berarti dengan adanya pelayanan dan citra KSPPS BMT BUS cabang Welahan yang bagus, maka akhirnya dapat berdampak pada kemampuan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Dari hasil yang ada KSPPS BMT BUS cabang Welahan sebaiknya semakin meningkatkan loyalitas anggotanya dengan meningkatkan pelayanan yang semakin baik dan memberikan kesan dan presepsi tentang citra usaha yang baik bagi anggotanya.

Keywords


pelayanan; kualitas layanan; citra usaha; loyalitas

Article Metrics

Abstract view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats