Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Publik di Indonesia

Lala Inggriani, Anna Widiastuti

Abstract


Nilai perusahaan merupakan indikator tentang bagaimana pasar memberikan penilaian terhadap perusahaan secara keseluruhan  dan Nilai perusahaan menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan perusahaan karena nilai perusahaan mencerminkan tingkat pengembalian investasi dari para investor yang mana investor akan senang apabila investasinya kembali dalam jumlah yang tinggi dari waktu ke waktu. Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang sama yaitu menarik investor sebanyak-banyaknya agar mau menginvestasikan dana kepada perusahaan sehingga perusahaan akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, Growth opportunity dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan go public yang terdafatr di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling  dengan jumlah 19 peusahaan dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Jenis data yang dihunakan adalah data sekunder dengan metode pengambilan data dengan dokumentasi dan penelusran situs web. Data ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasilnya secara simultan semua variabel ]pada penelitian ini berpengaruh terhadap nilai perusahaan, membuktikan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 59,89% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords


nilai perusahaan; investor; keuntungan

Article Metrics

Abstract view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats