Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung dalam Berwisata di Karimun Jawa

Denis Apriono, Murharsito Murharsito, Anna Widiastuti

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar negara, khususnya Indonesia. Banyak berbagai pihak yang menginginkan sektor pariwisata untuk mampu menjadi penambah pemasok devisa utama bagi negara setelah menurunnya peran migas. Dibalik harapan yang sangat besar, Indonesia memiliki banyak potensi budaya dan alam yang luar biasa banyak dan sangat layak untuk dijadikan sebagai tambang utama industry jasa pariwisata yang sangat luas, contohnya di Kabupaten Jepara terdapat destinasi wisata alam yang sangat dikagumi banyak kalangan wisatawan local maupun mancanegara yaitu Karimun Jawa. Untuk itu pada penelitian kali ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pengunjung dalam berwisata di pulau Karimun Jawa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebara kuesioner dan studi pustaka dengan metode pengambilan sampel nonprobability sampling yang digunakan melalui metode incidental sampling dengan jumlah sampel 96 responden. Kemudian data di analisis menggunakan metode analisis regresi berganda dan melaui pengujian hipotesis. Hasilnya semua variabel berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung yang mana fasilitas, pelayanan dan harga mampuĀ  meningkatakan kepuasan pengunjung dengan prediksi bahwa akan kembalinya wisatawan untuk kembali berwisata ke pulau Karimun Jawa apabila fasilitas, pelayanan dan harga yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi wisatawan.

Keywords


pariwisata; fasilitas; pelayanan; kepuasan pengunjung

Article Metrics

Abstract view : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats