Penguatan Kapasitas Kluster UMKM (Studi pada Usaha Tenun Ikat Troso Jepara)
Abstract
Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Jepara memiliki jumlah dengan angka yang tidak sedikit, kurang lebih 80.000 pelaku UMKM di Jepara berdiri dengan berbagai jenis. Namun banyaknya UMKM yang berdiri tidak menutup kemungkinan masih banyak kelemahan yang ditemui pada pelaku UMKM khususnya dalam memasarkan produknya. Dalam hal ini perlunya dilakukan intervensi dalam meningkatkan kapsitas kepada pelaku UMKM agar perusahaan yang dikelolanya dapat berjalan dengan baik. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kapasitas UMKM khususnya pada UMKM klaster Tenun Ikat Troso dengan mengacu data sekunder dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Jepara tahun 2016. Penelitian ini dilakukan pada pengrajin Tenun Ikat Troso LIMA PUTRA. Dalam penelitian ini hanya mengumpulkan data melalui kuesioner, wawancara dan mencari fakta selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan berdasarkan landasan teori yang ada. Hasilnya untuk meningkatkan penjualan Tenun Troso yang harus dilakukan oleh pengrajin atau pengusaha Tenu Ikat Troso adalah melakukan diversifikasi dan strategi harga yang diterapkan pengusaha tenun dengan membuat berbagai produk sesuai harga yang diinginkan konsumen. Penelitian selanjutnya supaya meneliti implementasi sistem pemasaran yang efektif bagi kluster dandampaknya terhadap pengembangan ekonomi masayarakat Desa Troso.
Keywords
UMKM; pemasaran; kapasitas
Article Metrics
Abstract view : 349 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen