Strategi Pengembangan Pemasaran UMKM Kerupuk Tengiri dan Udang
Abstract
Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu menghadapi tantangan, seperti inovasi produk atau memperluas area pemasaran. Hal ini perlu dilakukan untuk menambah nilai jual UMKM, agar dapat bersaing dengan produk-produk yang lain. Namun Para UMKM masih memiliki kelemahan dan kendala pada strategi pengembangan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran pada UMKM kerupuk tengiri dan udang di Pengkol Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam metode analisis datanya menggunakan metode triangulasi. Hasilnya, strategi pengembangan pemasaran yang dilakukan pada UMKM kerupuk tengiri dan udang di Pengkol Jepara yaitu dengan menjaga kualitas produk terlihat dari spesifikasi produk yang dihasilkan. Jika produk berkualitas baik, maka nilai dimata konsumen pun pasti tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen yang akhirnya berdampak pada loyalitas konsumen. Lalu agar aspek pemasaran dapat tercapai dengan optimal dalam pengembangan UMKM kerupuk tengiri dan udang di Pengkol Jepara, dapat melakukan perluasan pasar, memperbaiki sistem distribusi misalnya melalui agen, distributor atau pedagang.
Keywords
strategi pengembangan pemasaran; UMKM; industri kerupuk
Article Metrics
Abstract view : 431 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen