Strategy Brand Repositioning dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus pada JOP)

Ainur Rohmatika, Bening Kristyassari

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan yang dimana potensi wisata alam masih menjadi unggulan. Agar pariwisata menjadi dikenal oleh masyarakat luas maka perlu adanya identitas, nama atau merek untuk mempermudah mengkomunikasikan kepada target pasar. Namun dalam perjalanannya, perusahaan dituntut untuk mengubah identitas karena suatu kendala atau masalah sehingga harus memposisikan kembali merek saat ini di dalam benak konsumen, teori yang dikemukan oleh Fandy Tjiptono yaitu apa yang menjadi dasar motivasi suatu perusahaan mengharuskan untuk mengganti merek yaitu salah satunya terlibat masalah atau skandal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategy brand repositioning yang dilakukan JOP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini pertama adalah melalui attribute positioning, benefit positioning, serta quality & price positioning yang dimana tujuan akhirnya adalah untuk membangun brand awareness (kesadaran merek) yang ditujukan pada target pasar (pengunjung) wisata JOP. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat diambil kesimpulan, JOP telah mengalami rebranding dalam waktu yang cukup dekat dengan launching perdana, namun hal tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan atas kunjungan wisatawan.

Keywords


brand repositioning; strategy brand repositiong; brand awareness

Article Metrics

Abstract view : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats