Analisis Pictorial Health Warning, Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Rokok

Sukri Mubarok, Noor Arifin, Eko Nur Fu'ad

Abstract


Merokok merupakan hal yang sangat rentan dengan Kesehatan. Pencantuman PHW (Pictorial Health Warning), kenaikan harga pita cukai yang mejulang tinggi serta pembatasan periklanan yang dilakukan merupakan beberapa kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk mengurangi peredaran rokok di Indonesia. Ironisnya, setelah mengetahui betapa besarnya resiko yang di timbulkan dari rokok, serta pembatasan–pembatasan tentang produk rokok, keputusan pembelian rokok oleh konsumen tidak berkurang justru cenderung bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis/pengaruh pictorial health warning (gambar peringatan kesehatan), harga dan iklan terhadap keputusan pembelian rokok pada masyarakat di Kabupaten Kudus. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang tersebar dan diambil secara purposive sampling di wilayah Kabupaten Kudus. Hasil Penelitian menyatakan bahwa pictorial health warning berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, iklan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan pictorial health warning, harga dan iklan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga berdampak pada tingkat pembelian rokok. Pemerintah sebaiknya membuat inovasi-inovasi kebijakan tentang pembatasan peredaran rokok yang baru dan lebih bervariatif.

Keywords


pictorial health warning; harga; iklan; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats