Analisis Pictorial Health Warning, Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Rokok
Abstract
Merokok merupakan hal yang sangat rentan dengan Kesehatan. Pencantuman PHW (Pictorial Health Warning), kenaikan harga pita cukai yang mejulang tinggi serta pembatasan periklanan yang dilakukan merupakan beberapa kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk mengurangi peredaran rokok di Indonesia. Ironisnya, setelah mengetahui betapa besarnya resiko yang di timbulkan dari rokok, serta pembatasan–pembatasan tentang produk rokok, keputusan pembelian rokok oleh konsumen tidak berkurang justru cenderung bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis/pengaruh pictorial health warning (gambar peringatan kesehatan), harga dan iklan terhadap keputusan pembelian rokok pada masyarakat di Kabupaten Kudus. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang tersebar dan diambil secara purposive sampling di wilayah Kabupaten Kudus. Hasil Penelitian menyatakan bahwa pictorial health warning berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, iklan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan pictorial health warning, harga dan iklan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga berdampak pada tingkat pembelian rokok. Pemerintah sebaiknya membuat inovasi-inovasi kebijakan tentang pembatasan peredaran rokok yang baru dan lebih bervariatif.
Keywords
pictorial health warning; harga; iklan; keputusan pembelian
Article Metrics
Abstract view : 114 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen