Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kepercayaan Merek (Brand Trust), Loyalitas Merek (Brand Loyalty) terhadap Keputusan Pembelian pada Snack And Catering

Erni Rahmawati, Anna Widiastuti, Hadi Ismanto

Abstract


Dua belas tahun lalu usaha catering idola dibangun dan belum dikelola secara professional dan peralatan yang kurang memadai. Seiring berjalannya waktu usaha snack and catering di beberapa kota semakin banyak dan persaingan semakin ketat. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi pelaku UMKM dibidang snack and catering, untuk mampu mempertahankan usahanya para pelaku UMKM Idola Snack and Catering harus memperhatikan kualitas produk yang mereka miliki sehingga dapat mempertahankan brand image (citra merek), Brand Trust (kepercayaan merk), dan Brand Loyalty (loyalitas merk) sehingga pemebeli dapat memutuskan pembeliannya kepada produk Idola Snack and Catering. Penelitian ini dilakaukan pada konsumen Idola Snack and Catering yang mana tidak direncanakan jumlahnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengumpulan kuesioner dan wawancara kepada konsumen Idola Snack and catering yang ditemui dan cocok dijadikan sebagai sumber data. Penelitian ini dalam teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode accidental sampling dan purposive sampling yang mana didapatkan sejumlah 96 responden. Hasilnya semua variabel indpenden berpengaruh positif terhadap variabel dependen dimana  citra merek menjadi paling dominan dalam hal ini. Penelitian ini merekomendasikan kepada pelaku usaha Idola Snack and catering agar lebih meningkatkan citra merek mereka yang mana dengan meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki.

Keywords


UMKM; brand; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats