Analisis Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Kecamatan Batealit – Jepara

Novita Ratna Sari, Noor Arifin, Eko Nur Fu'ad

Abstract


Sepeda motor sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tak terpisahkan untuk menjalankan berbagai aktifitasnya. Alat transportasi ini sudah menjadi kebutuhan semua orang khususnya warga jepara yang notabene adalah warga yang konsumtif. Banyak perusahaan yang memproduksi sepeda motor kini semakin gencar untuk berlomba mendapatkan posisi terbaik dalam penjualannya. Sehingga diperlukannya strategi pemasaran, dimana strategi tersebut dibangun diatas STP yaitu Segmenting (segmentasi), Targeting (pembidikan) dan Positioning (penetapan posisi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi positioning (ciri produk, harga, kualitas, penggunaan, pengguna produk)  terhadap keputusan pembelian sepeda motor di kecamatan batealit – jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuesioner dengan populasi  pelanggan sepeda motor Honda di Kecamatan Batealit Jepara dengan pengambilan sampel sebanyak 96 orang  yang mana  menggunakan metode non probability sampling. Data mlewati beberapa uji statistic diantaranya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan  regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kecamtan Batealit Jepara didasarkan pertimbangan aspek yaitu ciri produk, harga, kualitas, penggunaan, pengguna produk. Yang mana aspek kualitas yang paling dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk honda. Sehingga perusahaan sebaiknya semakin meningkatkan kualitas sepeda motor merek Honda dengan menggunakan komponen berkualitas terbaik.


Keywords


positioning; kebutuhan; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats