Karakteristik Selebritas sebagai Model Iklan dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Honda Beat

Nita Susanti, Much. Imron, A.Khoirul Anam

Abstract


Pesatnya perkembangan industri periklanan menjadikan persaingan antar perusahaan dalam menjual produk mereka. Perusahaan penyedia seperti PT. Astra Honda Motor merupakan perusahaan yang terus menerus bersaing untuk mencapai penjualan yang maksimal. Salah satu upaya mencapai tujuan ini adalah dengan menunjukkan selebritas dan model iklan sehingga dapat meningkatkan minat beli produk Honda. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh karakteristik selebritas dan model iklan terhadap minat beli produk Honda BeAT di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 94 konsumen Muncul Jaya Motor di Kecamatan Keling yang telah membeli produk Honda BeAT. Sampel tersebut ditentukan berdasarkan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik selebritas dan model iklan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Honda BeAT di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara sehingga hal ini dapat berdampak pada meningkatnya konsumen membeli produk Honda BeAT. Penelitian ini merekomendasikan apabila dilakukan promosi melalui iklan sebaiknya perusahaan menggunakan model iklan yang memiliki wawasan cukup luas mengenai produk yang akan diiklankan, sehingga dalam membawakan produk dalam periklanan dapat meyakinkan dan menambah kepercayaan pada produk agar mampu menarik minat beli konsumen.

Keywords


karakteristik selebritas; model iklan; minat beli

Article Metrics

Abstract view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats