Pengaruh Manfaat, Kekuatan Asosiasi, dan Keunikan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan

Noor Isnaini Nafik, Noor Arifin, Eko Nur Fu'ad

Abstract


Kepercayaan atas suatu merek mengindikasikan kekuatan dan pengelolaan merek yang baik dan berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pelanggan sehingga intensi pembelian pun meningkat. Maka secara impulsif, akibat menurunnya kekuatan dari pengelolaan suatu merek akan bedampak pada turunnya intensi pembelian. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terhadap kategori ekuitas merek seperti manfaat, kekuatan asosiasi dan keunikan merek dalam peranannya pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis pengaruh manfaat merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan merek secara bersama sama terhadap loyalitas pelanggan dalam membeli produk catering merek Anisa di kecamatan Jepara. Dari populasi sejumlah konsumen produk catering merek Anisa di kecamatan Jepara diambil sampel sebanyak 96 responden dengan metode accidental sampling yang digabungkan dengan purposive sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel independen penelitian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada merek catering Anisa di Jepara. Jadi produk catering merek Anisa di Jepara sebaiknya meningkatkan kesadaran merek dalam benak pelanggan melalui program pengenalan merek/logo, citra merek, dan asosiasi merek yang berkaitan dengan atribut produk, manfaat (benefit) dan kredibilitas dalam mencapai intensi pembelian yang jauh lebih tinggi.

Keywords


merek; loyalitas pelanggan; intensi pembelian

Article Metrics

Abstract view : 467 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats