Model Peningkatan Minat Konsumen dalam Membeli Produk Fashion di Pasar Tradisional

Eliyanti Nur Fauziyah, Murharsito Murharsito, Dwi Agung Nugroho Arianto

Abstract


Trend fashion yang berganti setiap tahunnya, menyebabkan seseorang selalu mengikuti gaya fashion yang sedang berkembang pada masanya. Oleh karena itu para pelaku pasar harus membuat strategi untuk menggait konsumen. Namun faktor-faktor yang dapat mendorong minat beli konsumen berbelanja produk fashion di pasar tradisional masih diperlukan pembinaan agar mampu bersanding dengan pasar modern. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap minat beli produk fashion di Pasar Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk fashion di Pasar Jepara dimana sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keragaman produk, kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh positif pada minat beli produk fashion di Pasar Jepara sedangkan harga berpengaruh negatif  yang mana apabila harga produk fashion turun maka minat beli produk fashion meningkat. Hal ini berdampak pada penjualan produk fashion di pasar tradisional. Berdasarkan hasil tersebut, pedagang  fashion di Pasar Jepara harus menyediakan berbagai macam jenis produk fashion dengan berbagai model, merek, ukuran dan warna supaya memudahkan konsumen memilih sesuai keinginannya serta merubah standar pelayanan agar lebih berkualitas sehingga dapat mempengaruhi minat beli.

Keywords


keragaman produk; harga; kualitas pelayanan; lokasi; minat beli

Article Metrics

Abstract view : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats