Analisis Pengaruh Elemen-Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wajah Sariayu

Verana Kristyaningrum, Nurul Komaryatin, Nurul Huda

Abstract


Pentingnya sebuah value yang didapat konsumen dari pemakaian suatu produk akibat ekuitas merek yang kuat, berdampak pada meningkatnya pengambilan keputusan pembelian. Namun, terjadinya fluktuasi yang mengindikasikan lemahnya ekuitas merek pada produk pelembab wajah Sariayu berakibat pada menurunnya jumlah pembeli. Sehingga perlunya analisis pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap keputusan pembelian pelembab wajah Sariayu. Penelitian ini bertujuan dalam penentuan kebijakan meningkatkan Top Brand Index dari hasil analisis pengaruh variabel kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brand association), dan loyalitas merek (brand loyality) terhadap keputusan pembelian pelembab wajah Sariayu di Kecamatan Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui kuesioner kepada 96 responden, yaitu konsumen pemakai produk pelembab wajah Sariayu di Kecamatan Jepara. Teknik yang diambil dalam pengambilan sampel yaitu teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brand association), dan loyalitas merek (brand loyality) baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, perusahaan sebaiknya melakukan program pengenalan merek, ketahanan dan kehandalan produk.

Keywords


value; ekuitas merek; keputusan pembelian

Article Metrics

Abstract view : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats