Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha pada Pedagang Kaki Lima Jepara

Umi Fadhilah, Anna Widiastuti, Hadi Ismanto

Abstract


Kinerja merupakan hasil kerja yang mempunyai kaitan yang sangat kuat dengan tujuan strategis suatu organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasarannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kinerja yang baik akan menentukan masa depan sebuah bisnis. Shopping Center Jepara merupakan salah satu lokasi yang banyak digunakan oleh PKL untuk menjalankan bisnis yang mengalami ketidakseimbangan pembeli dilihat dari berbagai fenomena yang terjadi di lokasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik pribadi, lingkungan, inovasi, motivasi, dan kemampuan manajerial terhadap kinerja usaha PKL di Pusat Perbelanjaan Jepara Di Kab. Jepara. Populasi berjumlah 155 dan sampel yang diambil sebanyak 61 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling berdasarkan quota sampling dari populasi. Pengolahan data menggunakan alat banru SPSS versi 20.00. Berdasarkan analisis data statistik, indikator dalam penelitian ini adalah variabel yang valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik, model regresi bebas multikoloniaritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Nilai adjusted R square sebesar 0,321, artinya variabel karakteristik pribadi, lingkungan, inovasi, motivasi dan kemampuan manajerial berpengaruh terhadap kinerja usaha PKL di Pusat Perbelanjaan Jepara sebesar 32,1% sedangkan sisanya 67,9% terhadap kinerja usaha PKL di Pusat Perbelanjaan Jepara adalah dipengaruhi oleh variabel lainnya. PKL di Pusat Perbelanjaan Jepara perlu mempertahankan faktor-faktor yang telah dinilai baik dalam operasionalnya dan perlu memperbaiki hal-hal yang kurang dalam meningkatkan kinerja usaha.

Keywords


karakteristik pribadi; lingkungan, inovasi; kemampuan manajerial; kinerja usaha

Article Metrics

Abstract view : 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats