Analisis Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Kue

Aprilia Devi Krisnamurti Rosidhayanti, Noor Arifin, Eko Nur Fu'ad

Abstract


Keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dari dalam diri sendiri, maupun faktor dari luar diri sendiri atau lingkungannya. Faktor psikologis konsumen merupakan faktor yang sering muncul dari dalam perilaku pembelian konsumen yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap yang masing-masing berbeda pada setiap konsumen. Ditengah persaingan bisnis pengolahan makanan, bisnis makanan harus kuat di rasa dan terus melakukan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dari 97 konsumen Dievo Cake, kemudian ditabulasi dan diuji statistik meliputi validitas dan reliabilitas, analisis regresi, pengujian hiopotesis, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. Berdasarkan hasil tersebut, manajemen perusahaan harus menjaga kepercayaan konsumen dan memberikan pelayanan optimal untuk mempertahankan kesetiaan mereka terhadap produk yang dijual. Penelitian selanjutnya dapat menganalisis keputusan pembelian konsumen secara kualitatif dengan instrumen penelitian yang terstruktur.

Keywords


keputusan pembelian; produk kue; faktor psikologi; perilaku pembelian konsumen

Article Metrics

Abstract view : 310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats