Analisis Ketidakpuasan, Persepsi Merek dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek Shampo

Erni Fitriani, Nurul Komaryatin, Nurul Huda

Abstract


Peredaran produk yang cenderung seragam dengan berbagai merk menciptakan persaingan ketat antar merk, terutama pada produk-produk kebutuhan rumah seperti shampo. Terjadi kenaikan dan penurunan permintaan yang mengindikasi terjadinya perpindahan merek dan persaingan antar merek shampo. Penelitian ini menganalisis pengaruh ketidakpuasan, persepsi merek, dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek shampo. Data dikumpulkan dari hasil sebaran kuesioner kepada 100 konsumen produk shampo di Batealit Jepara. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah accidental sampling. Data dianalisis regresi untuk menemukan indikasi pengaruh dari variabel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketidakpuasan, persepsi merek, dan kebutuhan mencari variasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perpindahan merek. Peningkatan masing-masing faktor mengarah pada potensi perpindahan merek oleh konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi keilmuan di bidang pemasaran produk dan manajemen. Perusahaan dapat memperhatikan kualitas produk dan menjaga reputasi merek untuk mempertahankan konsumen. Penelitian selanjutnya dapat menganalisis lebih dalam mengenai kepuasan konsumen terhadap produk dan merek tertentu dengan lingkup yang lebih luas.

Keywords


ketidakpuasan konsumen; persepsi merek; kebutuhan mencari variasi; perpindahan merek

Article Metrics

Abstract view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats