Strategi Pemasaran Tenun Ikat Troso dalam Menghadapi Pemasaran Global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Iing Purnamasari, Samsul Arifin, Eko Nur Fu'ad

Abstract


Penelitian ini mengangkat tentang strategi pemasaran tenun ikat Troso dalam menghadapi pemasaran global masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Metode analisis strategi pemasaran menggunakan Analisis SWOT dan Analisis Daur Hidup Produk (product life cylce) dengan aspek bauran pemasaran (marketing mix). Dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek bauran pemasaran yaitu memiliki 4P, yaitu product, price, place, dan promotion, dengan produk memiliki kualitas yang baik dengan beragam motif-motif yang dihasilkan. Dimana harga (price) yang ditetapkan oleh CV. Srikandi Ratu mampu diterima oleh pelanggan. Kemudian untuk tempat (place) dengan memiliki showroom di jalan Kauman No. 14 Pecangaan Jepara, tempat sudah sangat strategis, dekat dengan konsumennya. Untuk promosi (promotion) belum maksimal, masih lemah karena promosi dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu, mengenai strategi pemasaran CV. Srikandi Ratu harus melakukan peningkatan promosi dengan berbagai cara, untuk memperluas pasarnya dan tidak mengandalkan Kota Bali saja, namun memperluas pasar di kota-kota lain di Indonesia.

Keywords


analisis daur hidup produk; analisis SWOT; bauran pemasaran; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 643 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats