Analisis Pengaruh Merchandising, Discount, Atmosfer Toko dan Hedonic Shopping Motives terhadap Impulse Buying di Rabbani Jepara

Novi Lestari, Murharsito Murharsito, Dwi Agung Nugroho Arianto

Abstract


Lima tahun terakhir brand fashion Islamiah, Rabbani, menunjukkan trend-up omzet. Rabbani merupakan salah satu brand fashion Islamiah terbesar di Indonesia yang berpusat di Kota Bandung dan telah membuka cabang atau reshare di berbagai kota di Indonesia. Namun, perilaku belanja di reshare Rabbani Jepara mengalami penurunan di tahun 2014 ke 2015. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh merchandising, discount, atmosfir toko dan hedonic shopping motives terhadap impulse buying di Rabbani Jepara, penelitian dilakukan terhadap konsumen Rabbani Jepara berumur 18-35 tahun yang melakukan pembelian secara tidak terencana. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 96 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling yaitu bentuk purposive sampling. Data melewati beberapa uji statistik, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa semua variabel independen penelitian berpengaruh positif terhadap impulse buying dan dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen sebesar 77,3%. Penelitian ini merekomendasikan kepada pengelola reshare Rabbani untuk menarik pembeli dengan diskon, melakukan polling akan desain atmosfir toko, memonitoring ketersediaan akan setiap item produk. Untuk penelitian selanjutnya dapat menganalisis faktor lainnya yang memungkinkan berdampak pada impulse buying dan memperluas sampel penelitian.

Keywords


atmosfir toko; discount; impulse buying; merchandising

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats