Strategi Komunikasi Pemasaran Apotek Lisa dalam Pembentukan Brand image

Wahidatun Nikmah, Nurul Komaryatin, Nurul Huda

Abstract


Kemampuan dan metode promosi dalam menyampaikan informasi kepada konsumen menjadikan hal penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran dan pembentukan brand apotek. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran dan pembentukan brand image apotek. Penelitian dilakukan di Apotek Lisa dengan jumlah informan 9 orang yang merupakan pegawai dan pelanggan di apotek tersebut. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan para informan tersebut. Hasil rekaman wawancara kemudian direduksi mencakup proses pemilihan data, pengelompokkan data, coding, dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Apotek Lisa iklan ditangani sendiri di bagian penjualan melalui kegiatan organisasi NU. Posisi apotek yang strategis di daerah kota dan berdekatan dengan klinik, gedung NU, tempat praktik dokter, bidan, dan puskesmas. Selain itu, strategi pemasaran apotek juga melayani konsultasi dan pembelian online. Apotek sukses membentuk citra baik di masyarakat dengan cara mempertahakan kualitas pelayanan yang cepat, obat-obat yang tersedia lengkap dan memiliki ijin BPOM, melekat dengan identitas NU, dan terlibat dengan beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh NU. Penelitian ini merekomendasikan pada pengelola apotek membangun sebuah sistem pelayanan yang lebih praktis serta memberikan informasi terkini terkait dengan obat dan kesehatan pada masyarakat melalui website atau media sosial yang dimiliki.

Keywords


apotek; brand image; promosi; strategi komunikasi pemasaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 558 times
PDF - 562 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats