Pengaruh Customer Relationship Marketing, Suku Bunga, dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah

Khalimatus Sa’diah, Nurul Komaryatin, Nurul Huda

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi dengan persaingan dalam pemasaran bank yang melibatkan para nasabah semua dilakukan melalui Strategi yang dipakai dari proses melaksanakan sebuah hubungan pemasaran dengan pelanggan (customer relationship marketing). Berdasarkan kenyataan sebagai seorang peneliti tertarik untuk meneliti masalah cutomer relationship marketing, suku bunga, kepuasan nasabah yang mampu menjadikan nasabah loyal terhadap BPR.BKK Jepara. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh variabel cutomer relationship marketing, suku bunga, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada BPR. BKK Jepara. Penelitian ini melalui kuesioner yang diserahkan kepada nasabah BKK Jepara dengan jumlah sampel sebanyak 96 untuk para responden, teknik dengan menggunakan metode accidential sampling. Data dianalisis berdasarkan hasil pengujian statistik, meliputi uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis termasuk uji t, F, dan koefisien determinasi. Hasil dari pengujian hipotesis bahwa variabel cutomer relationship marketing, suku bunga, dan kepuasan nasabah, berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Keywords


customer relationship marketing; kepuasan nasabah; loyalitas nasabah; suku bunga

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen

View My Stats