Pengaruh Customer Relationship Marketing, Suku Bunga, dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dengan persaingan dalam pemasaran bank yang melibatkan para nasabah semua dilakukan melalui Strategi yang dipakai dari proses melaksanakan sebuah hubungan pemasaran dengan pelanggan (customer relationship marketing). Berdasarkan kenyataan sebagai seorang peneliti tertarik untuk meneliti masalah cutomer relationship marketing, suku bunga, kepuasan nasabah yang mampu menjadikan nasabah loyal terhadap BPR.BKK Jepara. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh variabel cutomer relationship marketing, suku bunga, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada BPR. BKK Jepara. Penelitian ini melalui kuesioner yang diserahkan kepada nasabah BKK Jepara dengan jumlah sampel sebanyak 96 untuk para responden, teknik dengan menggunakan metode accidential sampling. Data dianalisis berdasarkan hasil pengujian statistik, meliputi uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis termasuk uji t, F, dan koefisien determinasi. Hasil dari pengujian hipotesis bahwa variabel cutomer relationship marketing, suku bunga, dan kepuasan nasabah, berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Keywords
customer relationship marketing; kepuasan nasabah; loyalitas nasabah; suku bunga
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 197 timesPDF - 134 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Rekognisi Manajemen