ANALISIS METODE DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA 2
Abstract
Keywords : Method of Da'wah, Movie, Roland Barthes's Semiotic
Film Ayat-ayat Cinta 2 merupakan kelanjutan dari film sebelumnya, Ayat-ayat Cinta. Film yang bergenre religi ini merupakan film adaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah tentang Analisis Metode Dakwah yang dilakukan oleh Fahri dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotik Roland Barthes yang mengkaji makna denotasi, konotasi dan mitos. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan cara menganalisa adegan dan dialog pada cuplikan scene film. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa metode dakwah dalam film Ayat-ayat Cinta 2 yaitu metode bil hikmah, bil mauidzah hasanah, mujadalah dan keteladanan (demonstrasion). Adapun metode dakwah yang dominan adalah metode dakwah bil hikmah dan keteladanan (demonstrasion).
Kata Kunci : Metode Dakwah, Film, Semiotik Roland Barthes
Keywords
References
Alex, Sobur. (2013). Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amin, Samsul Munir. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Anas, Ahmad. (2006). Paradigma Dakwah Kontemporer: Aplikasi Teoritis dan Praktis Dakwah Sebagai Solusi Problematika Kekinian. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Fiske, John. (1990). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Nuruddin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Pawito Ph.D. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Saputra, Wahidin. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Satori, Djam’an, Aan Komariah. (2009). Metodologi Peneliian Kualitatif. Bandung : ALFABETA
Putri, Andira. (2018). Ayat-Ayat Cinta 2 Tayang Terakhir Kali, Berikut Total Jumlah Penontonnya. Available at: https://www.tabloidbintang.com/ film-tv-musik/kabar/read/90761/ ayatayat-cinta-2-tayang-terakhirkali-berikut-total-jumlahpenontonnya. Diunduh pada tanggal 3 Desember 2019.
DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i1.1212
Article Metrics
Abstract view : 662 timesPDF - 415 times PDF - 689 times
Editorial Office An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
|