ANALISIS METODE DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA 2

Abdul Wahab, Nurul 'Ainin Nafi'ah

Abstract


Ayat-Ayat Cinta 2 the movie is a continuation of the previous film, Ayat-Ayat Cinta. This religious genre film is an adaptation of a novel by Habiburrahman El Shirazy with the same title. This research was conducted to examine the Analysis of Da'wah Method conducted by Fahri in Ayat-Ayat Cinta 2 the movie. This study uses a type of qualitative research with Roland Barthes's semiotic analysis method that examines the meaning of denotation, connotation and myth. The data collection technique used is documentation by analyzing scenes and dialogs on film scene footage. From the results of this study, it was found that the method of da'wah in Ayat-Ayat Cinta 2 the movie is the method of bil hikmah, bil mauidzah hasanah, mujadalah and exemplary (demonstration). The dominant method of da'wah is the da'wah method of wisdom and example (demonstration).

Keywords : Method of Da'wah, Movie, Roland Barthes's Semiotic

Film Ayat-ayat Cinta 2 merupakan kelanjutan dari film sebelumnya, Ayat-ayat Cinta. Film yang bergenre religi ini merupakan film adaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah tentang Analisis Metode Dakwah yang dilakukan oleh Fahri dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotik Roland Barthes yang mengkaji makna denotasi, konotasi dan mitos. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan cara menganalisa adegan dan dialog pada cuplikan scene film. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa metode dakwah dalam film Ayat-ayat Cinta 2 yaitu metode bil hikmah, bil mauidzah hasanah, mujadalah dan keteladanan (demonstrasion). Adapun metode dakwah yang dominan adalah metode dakwah bil hikmah dan keteladanan (demonstrasion).

Kata Kunci : Metode Dakwah, Film, Semiotik Roland Barthes

Keywords


Method of Da'wah, Movie, Roland Barthes's Semiotic

Full Text:

PDF PDF

References


Alex, Sobur. (2013). Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amin, Samsul Munir. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Anas, Ahmad. (2006). Paradigma Dakwah Kontemporer: Aplikasi Teoritis dan Praktis Dakwah Sebagai Solusi Problematika Kekinian. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Fiske, John. (1990). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Nuruddin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Pawito Ph.D. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Saputra, Wahidin. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Satori, Djam’an, Aan Komariah. (2009). Metodologi Peneliian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

Putri, Andira. (2018). Ayat-Ayat Cinta 2 Tayang Terakhir Kali, Berikut Total Jumlah Penontonnya. Available at: https://www.tabloidbintang.com/ film-tv-musik/kabar/read/90761/ ayatayat-cinta-2-tayang-terakhirkali-berikut-total-jumlahpenontonnya. Diunduh pada tanggal 3 Desember 2019.




DOI: https://doi.org/10.34001/an.v12i1.1212

Article Metrics

Abstract view : 659 times
PDF - 403 times PDF - 688 times




Editorial Office
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara


Address: Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara Jawa Tengah Kode Pos 59427 Indonesia.Email: jurnal.annida@unisnu.ac.idWebsite: https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/

Creative Commons License

An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Copyright ©2018 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Powered by Open Journal Systems.

View My Stats 

Currently this Journal is Indexed by 

1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref7 moraref