STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA

Novi anni anggraini

Abstract


Pengembangan kurikulum merupakan bagian dari peningkatan mutu pendidikan nasional yang harus dilakukan secara komprehensif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum yang terdapat di PPMI Assalam Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan penelitian berupa studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua sistem yang dipadukan dalam pola pendidikan di PPMI Assalaam dengan sistem pendidikan Salafiyah dengan sistem pendidikan modern dalam kegiatan belajar mengajar menganut pada sistem sekolah pada umumnya. Empat dari komponen-komponen yang ada, diantaranya adalah tujuan, isi kurikulum, strategi dan evaluasi. Spesifikasi Komponen tujuan berkaitan dengan empat kompetensi inti lulusan yang harus dikuasai atau dicapai oleh santri PPMI Assalaam yaitu kompetensi inti spiritual, intelektual, moral, dan keterampilan. komponen Isi kurikulum PPMI Assalam Surakarta diselenggarakan dalam tiga bentuk kegiatan yaitu kegiatan kurikuler, kegiatan ko-kurikuler dan kegiatan ekstrakulikuler. Komponen strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan peserta didik agar berpartisipasi aktif dalam pembelajaran secara demokratis dan menyenangkan. Komponen evaluasi berisi penilaian yang dilakukan secara terus menerus dan bersifat menyeluruh.

Keywords


pengembangan kurikulum, pondok pesantren modern Islam Assalam Surakarta

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2009). Strategic Manajement For Educational Manajement. Bandung: Alfabeta.

Aly, A. (2012). Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Varia Pendidikan, 24(1).

Departemen Agama Republik Indonesia. (2003). Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Glueck, W. F., & Jauch, L. R. (2000). Business Policy and Strategic Management, and Integrated Approach. New York: Houghton Miflin Company.

Hamalik, O. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook. Newbury Park: SAGE Publication Ltd. Retrieved from http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Nasution, S. (2003). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2013). Manajemen Kurikulum. Bandung: Alfabeta.

Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum (Konsep Implementasi dan Inovasi). Yogyakarta: Teras.




DOI: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.2057

Article Metrics

Abstract view : 528 times
PDF - 1156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.