ESTETIKA BENTUK MEJA TAMU GAYA MODERN SEBAGAI PELENGKAP RUANG TAMU

Iswahyu Prana Wukir

Abstract


Kebutuhan manusia dari tahun berganti tahun terus bertambah. Perabot rumah merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang patut dipikirkan dimasa depan khususnya bagi kaum urban di perkotaan yang hubungannya sangat erat dengan pola gaya hidup modern. Gaya modern atau modernisasi lahir di perkotaan karena adanya tuntutan hidup yang serba sederhana dan praktis. Perabot bergaya modern umumnya terkesan dingin dan tak berjiwa akibat desain dan bahan yang lebih banyak menitikberatkan pada fungsi dan efisiensi.
Segala sesuatu ditampilkan polos dan sederhana, tidak rumit agar lebih mudah dalam perawatan. Untuk menghilangkan kesan kaku , dingin dan tak berjiwa perlu siasat atau kiat-kiat khusus agar suasana perabot menjadi lebih hangat dan menarik yaitu melalui permainan dan penambahan wujud bentuk (visual arts) yang tetap mendasarkan diri pada fungsi utama perabot
( forms follow function).
Tak hanya itu, yang patut diperhatikan kembali dalam mendesain perabot mebel aspek pertimbangannya tidak semata berfungsi dengan baik namun aman dan nyaman bagi si pemakainya, selain itu mampu memiliki daya tarik tersendiri bagi orang yang memandang dengan pendekatan nilai-nilai estetis keindahannya".

Full Text:

full text (pdf)


DOI: https://doi.org/10.34001/jdpt.v1i1.242

Article Metrics

Abstract view : 358 times
full text (pdf) - 230 times



Disprotek Indexed by:

1 Google Scholar  2 BASe3 Onsesearch 4 Garuda 5 Sinta 6 Dimensions7 Crossref 8 JurnalStories 9 ROAD 10 ICE11 ORCID  

Visitor Statistics
Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Flag Counter

Lisensi Creative Commons

DISPROTEK: Journal of Informatics Engineering, Information Systems, Electrical Engineering, Industrial Engineering, Civil Engineering, and Aquaculture is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.