PENGARUHHUBUNGANPERSONALPENGECER-PRODUSEN, DUKUNGANPEMASARANPRODUSENDANKEUNTUNGAN PENJUALANTERHADAPKEPUASANPENGECER (Studi pada Pengecer Produk PT Coca Cola Amatil Indonesia di Jepara)

Purwo Adi Wibowo

Abstract


Abstrak

Distribusi yang baik akan mempertahankan tingkat penjualan  yang  optimal . Hal  ini perlu ditunjang oleh pengecer yang menjangkau area pemasaran yang ditargetkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisfaktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengecer  yang  merupakan replikasi penelitian  Biong  ( 1993) dan Liu dan Leach  (2001).

Objek penelitian yang dipilih adalah pada pengecer produk minuman produksi PT Coca Cola Amatil Indonesia di wilayah Jepara . Pemilihan pengecer yang sebagai sampel/responden diambil dengan metode random  sampling sebanyak 97 orang. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi  berganda.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis. variabel hubungan personal, dukungan pemasaran dan keuntungan penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengecer baik secara individual maupun secara simultan.

 

Kata  kunci                 relationship  marketing,  kepuasan  pengecer,   hubungan  personal,  dukungan pemasaran   dan  keuntungan  penjualan


Full Text:

Abstract Full Text


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v2i2.50

Article Metrics

Abstract view : 117 times
Abstract - 39 times Full Text - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.