STUDI KOMPARATIF TINGKAT KESEJAHTERAAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN JEPARA

Miftah Arifin, Much Imron

Abstract


Abstraksi

Masalah ketenagake1jaan bersifat multidimensi.  mempengaruhi  sekaligus  dipengaruhi oleh berbagaifaktor dengan pola hubungan yang komplek .sehingga penyelesaian11ya menuntut arah kebi1aka11 da11 pendekaran yang multidimensi pula. Pembang1ma11 kete11agake1jaa11 diantaranya bertujuan memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mewu)Lfdkan kesejahteraan. Studi ini menganalisis tingkat kesejahteraan tenaga ke1ja sektor industri  dan sektor non industri  di  kabupaten  Jepara.  Kesejahteraan  dimaksud  meliputi  kesejahteraan fisik berupa upalz dan non upah (tunjangan, fasilitas, dsb) dan kesejahteraan non fisik yang meliputi otonomi kerja, beban kerja dan kualitas kehidupan kerja. Analisis dilakukan terhadap 400 responden yang terbagi kedafam sektor industri be1jumlah 292 responden dan sektor non industri  berjumfah  108 responden.

Berdasarkan hasil uji multivariate menunjukkan bahwa tidak ada perbedaa11 tingkat kesejahteraan tenaga kerja di sektor industri dan tenaga ketja disektor non industri baik secarafisik maupun non fisik.

 

Kata Kunci : Kesejalzteraan tenaga kerja, Kesejahteraanfi sik, Kesejahteraan 11011/isik.


Full Text:

Abstract Full Text


DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v2i1.40

Article Metrics

Abstract view : 255 times
Abstract - 49 times Full Text - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.