ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEBERHASILAN USAHA (Studi pada Warung ?Nasi Kucing di Kabupaten Jepara)

Much Imron, Purwo Adi Wibowo

Abstract


Abstract

Research concerning success level of small industry have manies conducted. But research with specific and different object remain to be done relevant. Question of research is how capital, amount of labor, education level, experience, and number of hours work influence to success level of ?warung nasi kucing in Kab. Jepara, either through parsial and also simultan. Variable success level mount measured quantitatively with daily net profit, capital measured with working capital, education level consist of SD, SMP, SMA and PT, experience measured with periodic storey. Population of research are entire owner of ?warung nasi kucing in Kab. Jepara. sampling technique with sampling cluster while amount of taken sampel counted 97 responder. Data type used obtained primary data. collecting with questioner accompanied by interview. Analysis technique used doubled linear regression with classic assumption (multicolliniarity, heteroskedastisity and normality). Conclusion of research were number of hours and capital have an effect on positive and signifikan to success level. While three other variable were amount of labour, education level and experience not have an effect.

Keywords: success level, capital, labor, education and experience

 

Abstrak

Penelitian mengenai tingkat keberhasilan usaha kecil memang telah banyak dilakukan. Namun penelitian dengan objek yang berbeda dan spesifik tetap relevan dilakukan. Pertanyaan masalah yang diajukan adalah bagaimana pengaruh modal, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman, dan jumlah jam kerja terhadap tingkat keberhasilan usaha warung nasi kucing di Kab. Jepara, baik secara parsial maupun simultan. Variabel tingkat keberhasilan usaha diukur secara kuantitatif dengan laba bersih harian, modal diukur dengan modal kerja, tingkat pendidikan terdiri dari SD, SMP, SMA dan PT, pengalaman diukur dengan lama berusaha. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengusaha/pemilik/penjual warung nasi kucing di Kab. Jepara, teknik sampling dengan cluster sampling sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 97 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disertai wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda metode OLS dengan asumsi klasik (multikolinieritas, heteroskedastisitas dan normalitas). Pada proses analisis sampel nomor 3 dan 14 dikeluarkan dari analisis karena letak data outlier dan menyebabkan terjadinya heteroskedastisitas. Uji penyimpangan asumsi klasik memperlihatkan bahwa model regresi penelitian ini layak diinterpretasi. Kesimpulan penelitian adalah modal dan jumlah jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan tiga variabel lain jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengalaman tidak berpengaruh.

Kata kunci: tingkat keberhasilan, modal, tenaga kerja, pendidikan dan pengalaman




DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v5i2.156

Article Metrics

Abstract view : 250 times
Abstrak (pdf) - 54 times Full Text (pdf) - 5016 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We are Proud Member of Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia

Flag Counter

Currently this Journal is Indexed  by

1 Google Scholar2 sinta3 Garuda5 BASeScilitOne SearchISJDNelitiMorarefWorldcatdimension

Creative Commons License

Journal Dinamika Ekonomi & Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.