PEMANFAATAN LIMBAH DAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Abstract
Pandemi covid 19 ini, kita membutuhkan pemulihan ekonomi yang signifikan. Untuk meningkatkan produktivitas industri. Kreativitas ini dapat dinyatakan dalam pengembangan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN Unisnu Jepara angkatan XI tahun 2021 dalam bentuk Tridarma perguruan tinggi. Kreatifitas dengan adanya pelatihan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, metode pelaksanakan yang digunakan dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dalam medukung kelancaran pelaksanaan peningkatan ketrampilan pengelolaan usaha dalam bentuk pelatihan dan juga pemasaran baik melalui media sosial ataupun manual. Untuk mempercepat ekonomi covid 19 anggota pengabdian ini bekerjasama dengan salah satu mitra yang ada di Batukali Kalinyamatan Jepara yaitu usaha UMKM konveksi celana untuk memberi pelatiahan pemanfaatan marketplace dan limbah konveksi celana. Sasaran mitra ini memiliki permasalahan yang mana 1) adanya limbah yang tidak dimanfaatkan. 2) penurunan pemesanan sehigga kehilangan omzet hingga 50% dari biasanya 3) minimnya pengetahuan tentang strategi pemasaran dan teknologi dalam memasarkan produk. Dari problem tersebut ada beberapa tahapan dalam melaksanakan pengabdian yaitu, 1) pemanfaatan limbah konveksi. 2) pelatihan dan pendampingan membuat akun marketplace shopee. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini yaitu kreativitas mitra dalam mengolah limbah jadi barang siap guna yaitu dompet kain, pouch makeup, tempat pensil, tas kecil, dan konektor masker. Untuk meningkatkan daya jual produk mitra dan pemasaran olahan limbah kain yaitu dengan melakukan pendampingan pemasaran online melalui shopee. Antusiasme terlihat 85% dari mitra sangat positif dalam merespon dan mengikuti pendampingan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, N. A. K., Pratiwi, R., & Muzayyanah, L. (2020). Pelatihan Keterampilan Kain Perca untuk Mengurangi Limbah Anorganik. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(2), 49–56. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i2.196
Diana, Irawan Yeni, Halimatussa’diyah, F. & Y. A. (2017). PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF PENGOLAHAN LIMBAH KAIN PERCA DI DESA ALUE LIM KEC. BLANG MANGAT KOTA LHOKSEUMAWE. Jurnal Vokasi, 1(1), 37–44.
Nurzanah, I., & Sosianika, A. (2018). Promosi Penjualan dan Minat Beli : Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model di E-Marketplace Shopee Indonesia. Industrial Research Workshop and National Seminar, 706–714.
Suhendra, G., & Krisnadi, I. (2020). KEKUATAN SHOPEE SEBAGAI E-COMMERCE TERPOPULER DI INDONESIA SAAT INI Gatot Suhendra 1 , Iwan Krisnadi 2. 29.
Suherman, E., & Hasanah, R. U. (2020). Analisis Pelatihan Marketplace bagi Pelaku Usaha Kue di Masa Pandemik Covid-19 di Desa Jatiragas. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 98–110. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1202
Wisesa, T. P., & Nugraha, H. (2015). Jurnal Universitas Pembangunan Jaya #2 Volume 2 Maret 2015. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya, 2(2), 70–86.
DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v6i3.2492
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed by