PEMANFAATAN LIMBAH DAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Nusrotus Sa’idah, Lilik Nur Alisah, Muhammad Ady Suryaningrum, Aris Maulana, Shima Dewi Ayuningtyas, Jihanita Oktaviana

Abstract


Pandemi covid 19 ini, kita membutuhkan pemulihan ekonomi yang signifikan. Untuk meningkatkan produktivitas industri. Kreativitas ini dapat dinyatakan dalam pengembangan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN Unisnu Jepara angkatan XI tahun 2021 dalam bentuk Tridarma perguruan tinggi. Kreatifitas dengan adanya pelatihan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, metode pelaksanakan yang digunakan dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dalam medukung kelancaran pelaksanaan peningkatan ketrampilan pengelolaan usaha dalam bentuk pelatihan dan juga pemasaran baik melalui media sosial ataupun manual. Untuk mempercepat ekonomi covid 19 anggota pengabdian ini bekerjasama dengan salah satu mitra yang ada di Batukali Kalinyamatan Jepara yaitu usaha UMKM konveksi celana untuk memberi pelatiahan pemanfaatan marketplace dan limbah konveksi celana. Sasaran mitra ini memiliki permasalahan yang mana 1) adanya limbah yang tidak dimanfaatkan. 2) penurunan pemesanan sehigga kehilangan omzet hingga 50% dari biasanya 3) minimnya pengetahuan tentang strategi pemasaran dan teknologi dalam memasarkan produk. Dari problem tersebut ada beberapa tahapan dalam melaksanakan pengabdian yaitu, 1) pemanfaatan limbah konveksi. 2) pelatihan dan pendampingan membuat akun marketplace shopee.  Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini yaitu kreativitas mitra dalam mengolah limbah jadi barang siap guna yaitu dompet kain, pouch makeup, tempat pensil, tas kecil, dan konektor masker. Untuk meningkatkan daya jual produk mitra dan pemasaran olahan limbah kain yaitu dengan melakukan pendampingan pemasaran online melalui shopee. Antusiasme terlihat 85% dari mitra sangat positif dalam merespon dan mengikuti pendampingan


Keywords


Keyword : Limbah, marketplace, penjualan

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. A. K., Pratiwi, R., & Muzayyanah, L. (2020). Pelatihan Keterampilan Kain Perca untuk Mengurangi Limbah Anorganik. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(2), 49–56. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i2.196

Diana, Irawan Yeni, Halimatussa’diyah, F. & Y. A. (2017). PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF PENGOLAHAN LIMBAH KAIN PERCA DI DESA ALUE LIM KEC. BLANG MANGAT KOTA LHOKSEUMAWE. Jurnal Vokasi, 1(1), 37–44.

Nurzanah, I., & Sosianika, A. (2018). Promosi Penjualan dan Minat Beli : Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model di E-Marketplace Shopee Indonesia. Industrial Research Workshop and National Seminar, 706–714.

Suhendra, G., & Krisnadi, I. (2020). KEKUATAN SHOPEE SEBAGAI E-COMMERCE TERPOPULER DI INDONESIA SAAT INI Gatot Suhendra 1 , Iwan Krisnadi 2. 29.

Suherman, E., & Hasanah, R. U. (2020). Analisis Pelatihan Marketplace bagi Pelaku Usaha Kue di Masa Pandemik Covid-19 di Desa Jatiragas. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 98–110. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1202

Wisesa, T. P., & Nugraha, H. (2015). Jurnal Universitas Pembangunan Jaya #2 Volume 2 Maret 2015. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya, 2(2), 70–86.




DOI: https://doi.org/10.34001/jdc.v6i3.2492

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
AJPKM


Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

Free counters!

Creative Commons License
Journal of Dedicators Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

JournalStories Main logo

7 moraref1 Google Scholar3 Garuda4 Onsesearch5 BASe7 moraref