Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Matematika Nalaria Realistik (MNR) terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Anissatul Faizah, Rida Fironika Kusumadewi, Nuhyal Ulia

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang berbeda-beda untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif agar dapat mendukung perkembangan maksimal dari setiap siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Designs (Non Designs). Metode eksperimen ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis. Populasi penelitian ini ada seluruh siswa kelas V SD Negeri Gaji 1 dan sampel 20 siswa dengan teknik pengambilan sampling jenuh (penuh) atau sampling total. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Peneliti melakukan pretest dan postest untuk mengetahui hasil komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil postest lebih tinggi dibanding pretest. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji sample paired t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0,000 yang berarti nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan pengujian diatas menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1.

Full Text:

PDF

References


Angela, H., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektifitas Media Pembelajaran untuk Mendorong Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(03), 13–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpm

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Cahyadi, W. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Metode Matematika Nalaria Realistik Terinternalisasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan. UIN Fatmawati Sukarno.

Cahyati, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP PGRI Wonotirto.

Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.

Haim, O., Agur, A., Gabay, S., Azolai, L., Shutan, I., Chitayat, M., Katirai, M., Sadon, S., Artzi, M., & Lidar, Z. (2023). Differentiating spinal pathologies by deep learning approach. The Spine Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.spinee.2023.09.019

Harisuddin, M. I., & ST, M. P. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing.

Inggriyani, F.-, Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 28. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649

Ismiyah, S., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Berdasarkan Tahap Perkembangan Kognitif. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.7930

Kahmann, R., Droop, M., & Lazonder, A. W. (2022). Meta-analysis of professional development programs in differentiated instruction. International Journal of Educational Research, 116(September), 102072. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102072

Lim, Y., & Park, H. (2022). Who have fallen behind? The educational reform toward differentiated learning opportunities and growing educational inequality in South Korea. International Journal of Educational Development, 92(May), 102599. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2022.102599

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762

Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.

Niah, N., & Farisi, S. Al. (2022). Application of MNR Learning in Improving Students ’ Mathematical Reasoning Ability. 1–7. https://doi.org/10.37640/ice.01.249

Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 29–41.

Rahmah, R. F., Herawati, L., & Setialemana, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Nalaria Ditinjau dari Habits Of Mind. Jurnal Kongruen, 1(3), 242–248.

Restu, N., Fathoni, K., & Indihadi, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD. 6(2), 636–649. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5339

Rigianti, H. A. (2023). The Concept of Differentiated Learning: Elementary School Learning Diversity Solution. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(2), 285. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/8992

Rusdin, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Sorong. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(2), 283–296.

Setyowati, Y., Kurniawan, S. B., & Rintayati, P. (2020). Fenomena program Ridwan Hasan dalam pembelajaran MNR pada program “Belajar di Rumah” siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 449. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49067%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/49067/30783

Sucipto, H., Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 114–122.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Wirebring, L. K., Wiklund-Hörnqvist, C., Stillesjö, S., Granberg, C., Lithner, J., Andersson, M., Nyberg, L., & Jonsson, B. (2022). An fMRI intervention study of creative mathematical reasoning: behavioral and brain effects across different levels of cognitive ability. Trends in Neuroscience and Education, 29. https://doi.org/10.1016/j.tine.2022.100193

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Yunike, S., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Kompasiana, 7(2, November), 69–71. https://www.kompasiana.com/karmilamila5520/628ecee053e2c33ffa57aa62/analisis-kurikulum-merdeka-belajar

Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1408




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i2.6054

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 177 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe