Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Matematika Nalaria Realistik (MNR) terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angela, H., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektifitas Media Pembelajaran untuk Mendorong Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(03), 13–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpm
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Cahyadi, W. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Metode Matematika Nalaria Realistik Terinternalisasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan. UIN Fatmawati Sukarno.
Cahyati, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP PGRI Wonotirto.
Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.
Haim, O., Agur, A., Gabay, S., Azolai, L., Shutan, I., Chitayat, M., Katirai, M., Sadon, S., Artzi, M., & Lidar, Z. (2023). Differentiating spinal pathologies by deep learning approach. The Spine Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.spinee.2023.09.019
Harisuddin, M. I., & ST, M. P. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing.
Inggriyani, F.-, Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 28. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649
Ismiyah, S., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Berdasarkan Tahap Perkembangan Kognitif. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.7930
Kahmann, R., Droop, M., & Lazonder, A. W. (2022). Meta-analysis of professional development programs in differentiated instruction. International Journal of Educational Research, 116(September), 102072. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102072
Lim, Y., & Park, H. (2022). Who have fallen behind? The educational reform toward differentiated learning opportunities and growing educational inequality in South Korea. International Journal of Educational Development, 92(May), 102599. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2022.102599
Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762
Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.
Niah, N., & Farisi, S. Al. (2022). Application of MNR Learning in Improving Students ’ Mathematical Reasoning Ability. 1–7. https://doi.org/10.37640/ice.01.249
Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 29–41.
Rahmah, R. F., Herawati, L., & Setialemana, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Nalaria Ditinjau dari Habits Of Mind. Jurnal Kongruen, 1(3), 242–248.
Restu, N., Fathoni, K., & Indihadi, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD. 6(2), 636–649. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5339
Rigianti, H. A. (2023). The Concept of Differentiated Learning: Elementary School Learning Diversity Solution. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(2), 285. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/8992
Rusdin, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Sorong. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 11(2), 283–296.
Setyowati, Y., Kurniawan, S. B., & Rintayati, P. (2020). Fenomena program Ridwan Hasan dalam pembelajaran MNR pada program “Belajar di Rumah” siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 449. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49067%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/49067/30783
Sucipto, H., Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 114–122.
Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Wirebring, L. K., Wiklund-Hörnqvist, C., Stillesjö, S., Granberg, C., Lithner, J., Andersson, M., Nyberg, L., & Jonsson, B. (2022). An fMRI intervention study of creative mathematical reasoning: behavioral and brain effects across different levels of cognitive ability. Trends in Neuroscience and Education, 29. https://doi.org/10.1016/j.tine.2022.100193
Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624
Yunike, S., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Kompasiana, 7(2, November), 69–71. https://www.kompasiana.com/karmilamila5520/628ecee053e2c33ffa57aa62/analisis-kurikulum-merdeka-belajar
Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1408
DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i2.6054
Article Metrics
Abstract view : 207 timesPDF - 177 times
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of
Currently this Journal is Indexed by