UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI GAMBAR DAN SMALL GRUP DISCUSSION (SGD) DI KELAS VI SDN 4 GULANG

Kundono Kundono, Erik Aditia Ismaya

Abstract


Pendidikan sangat penting bagi makhluk hidup untuk perubahan yang lebih baik. Sistem Pendidikan Nasional termuat dalam Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 20 Tahun 2003.  Pendidikan IPS pada tingkat sekolah dasar ini menggunakan pendekatan secara terpadu. Kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran IPS pada tingkat sekolah dasar menjadi problematika dalam pembelajaran. Materi-materi yang ada pada mata pelajaran IPS kebanyakan bersifat hafalan-hafalan. Penelitian ini dilakukan di SD 4 Gulang pada kelas VI tentang kenampakan alam dan keadaan sosial di Indonesia dan negara tetangga (ASEAN). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Arikunto yang dikembangkan oleh Kemmis and Taggart. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa adanya peningkatan 30% dari siklus I (61%) ke siklus II (91%).  Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VI SD 4 Gulang tentang kenampakan alam dan keadaan sosial di Indonesia dan negara tetangga (ASEAN) memberikan dampak baik pada hasil belajar IPS siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kamaluddin, and Siti Nurma. "Penerapan Metode Small group discussion terhadap Motivasi Belajar Siswa." Civicus, vol. 8, no. 1, 31 Mar. 2020, pp. 30-35, doi:10.31764/civicus.v8i1.1792.

Akbar, Ali Ahmad. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1 ( 1), ( 2018) 40-48

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta

Arsyad. A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bayudi, Anton. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Proses Pembelajaran dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series 3 (4) (2020) 1368 – 1372

Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. 2013

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Magdalena, Roshita dkk. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(2):334-346

Noviyanti, Yohana Budi dkk. (2016). Artikel : pengaruh minat belajar siswa dan media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi.

Padmi, Ni Nyoman. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 3(1): 176-182

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara . 3(2): 96-105

Pritandhari,Meyta dan Ratnawuri, Triana. (2018). Analisis Pembelajaran Monopoli Ekonomi (Monokomi) pada Siswa Boarding School. Jurnal Promosi | 99 Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro. 6(2) 99-105

Silberman, M.L. (2013). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Penerjemah: Raisul Muttaqien. Bandung: Nuansa Cendekia




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i2.6032

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 38 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe