IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Septiani Nurjanah, Erik Aditia Ismaya

Abstract


Pembelajaran IPS saat ini terkesan hafalan sehingga berdampak pada pemahaman materi siswa masih rendah. Berpijak dari masalah tersebut, perlu adanya suatu pendekatan yang dapat mengarahkan siswa dalam belajar lebih intergrasi, lebih mengena dan produktif yaitu pendekatan keterampilan proses sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pendekatan keterampilan proses sosial. Metode yang digunakan yakni penelitian Tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang dipergunakan yaitu lembar tes, dan observasi. Hasil penelitian memperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I memperoleh rataan nilai 74,64 sedangkan untuk siklus II rataan nilai siswa naik jadi 87,23. Kenaikan dari siklus I dan siklus II sebesar 12,59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses sosial memberi dampak baik pada hasil belajar IPS. Untuk keterampilan proses sosial selama proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan setiap sintaknya yaitu Peer relational skill dan Academics skils.  Pembelajaran IPS melalui model keterampilan proses sosial ini lebih mengena, antuasias, dan menyenangkan dalam menganalisis masalah dalam Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., & Rachmi. R. (2022). Penerapan Keterampilan Proses IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Buana Ilmu. 7(1): 225-234.

Simbolon, T. E. (2018). Pentingnya Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora. 2(1): 40-52

Syofyan, H., Vebryanti, & Yeni, R. (2020). Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar. 11 (1): 1-10.

Ulum, C. (2018). Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematika di Kelas V MI Muhammadiyah Sekola Kulon Progo. Albidayah. 10 (2) 111-135.

Nurfitasari, W. (2018) Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3 (2): 3073-3083

Nursahid. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS terhadap Ketarampilan Sosial Peserta Didik. Jurnal Pengembangan Keterampilan Sosial. 1(1):1-12

Adnyana, K. S., & Gusti, N. A. (2022). Pengaruh Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar IPS di SD Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (1): 1-8

Febryantiini, K. D., Lasmawan, & Marhaeni. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sosial terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari motivasi Berpretasi Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Sukasada. 3 (4):1-9.

Oktaviani, A. M., Arita, M., & Fitriyani. (2014). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah PGSD. 6 (2): 101-107.

Wahid, A., & M. A. Muhajir. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Siswa Kelas V SD Negeri 317 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Dikdas Matappa. 4 (1): 79-86.

Wahid, A. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigswa dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Kabupaten Bangkalan. JINOTEP. 3(1): 14-24




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i2.5993

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 60 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe