PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TENTANG STATISTIKA DENGAN METODE SYNDICATE GROUP

djumiatun djumiatun, Erlin Suliztiana

Abstract


The purpose of this research is to analyze the enhancement of the VI A students of Public Elementary School 4 Kutoharjo learning outcomes of Mathematic about Statistic on the Second Semester of 2021/2022 Academic Year with Syndicate Group Method. This is a Classroom Action Research (CAR). The place of this research is on the VI A Class of Public Elementary School 4 Kutoharjo. The time of this research is the middle period on the Second Semester of 2021/2022 Academic Year. The subjects are consisting of 10 boys and 24 girls. The data of this research is learning outcomes of the subjects. Techniques of collecting data are nontest and test. Tools of collecting data are written test and observation sheet. The result is learning outcomes enhanced from unsatisfactory category to satisfying.


Keywords: Learning Outcomes, Mathematic, Statistic, Syndicate Group Method


Full Text:

PDF

References


Amin, Saiful dan Siti Khotimah. (2016). Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN Beru 02 Wlingi. J-PIPS. 2(2): 135-141.

Antika, Riri. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Syndicate Group Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK di SMK BM Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Akuntansi dan Pembelajaran.7(2): 72-77

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Dhee. (2020). Pengertian Statistika. Dalam https://ometlit.com/pengertian-statistika/ (diakses pada 19 Februari 2022)

Juniati. (2010). Peningkata Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Konseo Listrik Dinamis Dengan Syndicate Group. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2: 71-76.

Mallasih, Hartono dan Nurani P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournament dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2): 222-226.

Purniasih. (2014). Penerapan Lembar Diskusi Siswa (LDS) dengan Model Syndicate Group untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif IPA Siswa Kelas VII di SMP Negeri 6 Kebumen. Radiasi, 5(2): 68-70.

Rahmawati, Etik. (2010). Penerapan Syndicate Group sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Kemampuan Kognitif Sub Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X5 MAN 1 Boyolali. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Samadi. (2020). Penggunaan Metode Syndicate Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pengolahan data Statistika pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2): 81-87

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, Risa Bela Kartika. (2018). Pengaruh Metode Diskusi Jenis Syndicate Group Didukung Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Bercerita Tokoh Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan pada Siswa Kelas V SDN Campurejo 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki Pedagogia, 2(4): 1-12.

Sasrawan, Hedi. (2015). Pengertian Statistika. Dalam http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/09/pengertian-statistika-artikel-lengkap.html (diakses pada 19 Februari 2022)

Septiana, Tiyas. 2021. Ini Pengertian dan Cara Menghitung Nilai Mean, Median, dan Modus dalam Data. Dalam https://lifestyle.kontan.co.id/news/ini-pengertian-dan-cara-menghitung-nilai-mean-median-dan-modus-dalam-data?page=all (diakses pada 19 Februari 2022)

Siregar, Sauli Farida. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VV-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif di SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2): 217-221.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zahara, Eka Novita. (2020). Penerapan Metode Diskusi Tipe Syndicate Group dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII di MTs Darul Ulum. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i1.4699

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 70 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe